Scroll to Top

Ubuntu Phone OS Meluncur ke Pasar Mulai Oktober 2013?

By Ditya / Published on Thursday, 07 Feb 2013

Ubuntu OS Smartphone

Ubuntu Phone OS dikabarkan akan mulai memasuki pasar pada bulan Oktober 2013. Ubuntu Phone OS adalah sistem operasi Linux besutan Canonical yang ditujukan untuk perangkat mobile seperti smartphone. Sistem operasi Ubuntu Phone OS ini secara resmi telah diluncurkan pada 2 januari 2013 lalu.

Sama seperti Ubuntu Linux untuk komputer, sistem operasi Ubuntu Phone OS ini juga mengusung semangan open source dan produsen bebas mengadopsi sistem operasi Ubuntu Phone OS pada produk smartphone-nya tanpa harus membayar lisensi.

Ubuntu Phone OS akan fokus pada 2 pasar, yakni kelas atas (superphone) dan kelas basic smartphone atau entry-level. Sistem operasi besutan Canonical ini menawarkan tampilan antarmuka yang disebut dengan Edge Magic.

Tak hanya itu, Ubuntu Phone OS juga menawarkan beberapa layanan milik sendiri, sebut saja Ubuntu One yang merupakan layanan penyimpanan awan atau cloud storage besutan Canonical yang menyediakan solusi berbagi file yang aman.

Ubuntu Phone OS sempat dipamerkan oleh Canonical di ajang CES 2013 lalu menggunakan smartphone Samsung Galaxy Nexus. Sayangnya, Cononical tak menyebutkan detail mengenai fitur-fitur unggulan dari sistem operasi Ubuntu Phone OS ini.

Ubuntu Phone OS ini kabarnya dapat menjalankan aplikasi native Ubuntu Linux. Hal ini akan memudahkan pengemban, karena pengembang hanya cukup mengembangkan sebuah aplikasi tunggal untuk dapat dijalankan di Ubuntu desktop dan Ubuntu Phone OS.

Seperti yang dilansir dari CNET (06/06/2013), Ubuntu Phone OS ini memiliki daya tarik tersendiri, karena nama Ubuntu telah lama populer dikalangan pengguna Linux melalui distro Ubuntu Linux. Sistem operasi ini Ubuntu Phone OS diperkirakan akan mampu menarik perhatian pengguna, terutama pengguna yang telah menggunakan Ubuntu Linux di komputer.

Ubuntu Phone OS diperkirakan akan memasuki pasar sekitar bulan Oktober 2013. Beberapa operator di berbagai negara menyatakan tertarik untuk mengadopsi Ubuntu Phone OS. Sayangnya tak ada informasi mengenai operator mana yang akan bekerjasama dengan Canonical.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda