Scroll to Top

Indonesia Masuk 10 Besar Negara Penghasil Spam

By Ditya / Published on Thursday, 07 Feb 2013

Kaspersky sampah

Indonesia masuk sebagai 10 besar negara penghasil spam atau pesan sampah di dunia. Hal ini diungkapkan oleh perusahaan keamanan dan antivirus asal Rusia, Kaspersky Lab. Berdasarkan data dari Kaspersky Lab, saat ini lalu lintas spam di email menurun pada tingkat terendah.

Email spam atau pesan sampah adalah pesan yang dikirimkan secara masal. Email spam itu sendiri biasanya berisi iklan, penawaran yang tak berguna, penipuan, atau kadang malah berisi virus.

Berdasarkan data Kaspersky Lab, pada tahun 2012 ini, China menempati posisi pertama sebagai penghasil pesan sampah atau spam terbesar di dunia dengan menyimbang 19,5 persen spam.

Posisi berikutnya diduduki secara berturut-turut oleh Amerika Serikat dengan menyimbang 15,6 persen, India dengan 9,7 persen, Vietnam dengan 4,6 persen, dan Brasil dengan 4,2 persen.

Indonesia sendiri termasuk dalam 10 besar negara penghasil spam dengan menempati posisi ke-7 dibawah negara Brasil dan Korea Selatan dengan menyumbang 3,1 persen pesan sampah di seluruh dunia.

Sejauh ini, Asia menjadi benua penghasil spam terbanyak yang naik 11,2 poin menjadi 50% dari total email spam yang ada di dunia. Amerika Serikat adalah negara yang menempati posisi kedua penghasil spam terbesar ini juga naik 13,5 poin.

Seperti yang dilansir dari CHIP (06/02/2013), meski beberapa negara mengalami kenaikan kontribusi email spam, tapi secara umum jumlah pesan email spam yang berkeliaran mengalami penurunan pada titik terendah.

Penurunan jumlah meail spam atau sampah ini disebabkan semakin tingginya kesadaran pengguna untuk mengantisipasi spam dengan menerapkan anti-spam atau filter spam untuk mencegah masuknya pesan-pesan sampah tersebut ke inbox email.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda