Scroll to Top

Tahukah Anda, Urine Menyimpan Informasi Tentang Ini

By C Novita / Published on Thursday, 07 Feb 2013

tes urine

Urine atau air seni ternyata dapat menunjukkan beberapa kondisi yang dialami oleh tubuh seseorang secara sederhana. Jika lewat laboratorium pemeriksaan urine dapat menunjukkan kondisi detail kesehatan seseorang, maka Anda dapat juga mengenali informasi dalam tubuh secara kasat mata.

Dilansir oleh Merdeka, direktur Center of Urogynecology di Weinberg Center for Women’s Health and Medicine, Mark Ellerkmann menjelaskan apa saja yang dapat dilihat dari urine seseorang:

  • Kehamilan

Dengan alat tes sederhana, urine dapat menunjukkan bahwa seorang wanita sedang hamil atau tidak. Ini karena hormon chorionic gonadotropin atau hCG yang terkandung dalam urine. Wanita hamil pun akan makin sering buang air kecil sebab kantung kemihnya yang tertekan oleh rahim.

  • Saluran kencing terluka

Ini dapat dilihat pada adanya bercak darah atau warna kemerahan pada urin Anda.

  • Diabetes.

Sakit diabetes dapat Anda cium dari adanya bau manis pada urin yang Anda keluarkan. Juga bila terdapat semut yang merubung sisa urin, maka itu pertanda diabetes.

  • Infeksi saluran kemih

Gejala infeksi saluran kemih adalah adanya rasa panas pada organ vital. Biasanya disertai dengan demam, pinggang dan punggung terasa sakit. Urine akan terlihat keruh dan berbau tak sedap.

  • Kurang cairan

Urin akan terlihat lebih berwarna gelap, baunya pun lebih tajam jika Anda menderita dehidrasi. Segeralah minum dengan jumlah banyak, untuk memenuhi kebutuhan air tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda