Scroll to Top

Timnas Indonesia: Arab Saudi Jadi Ujian Pertama Blanco

By Agus Prasetyo / Published on Friday, 08 Feb 2013

Sesaat setelah ditunjuk Djohar Arifin menangani Timnas Indonesia, Luis Manuel Blanco langsung menjelaskan program awal yang dirancangnya. Target utama yang akan diusung Blanco adalah peningkatan kondisi fisik dan mental pemain timnas.

Di dua minggu pertama sebagai pelatih timnas, Blanco akan melakukan pengamatan untuk melihat kemampuan para pemain.

Dirinya juga akan berkoordinasi dengan klub yang berada di daerah, untuk meminta informasi mengenai keadaan fisik para pemain yang nantinya akan menjadi database selama dia menjadi pelatih.

Metode pelatihan yang dilakukan untuk meningkatkan potensi fisik para pemain adalah dengan membagi pola latihan menjadi dua grup.

Grup pertama dilatih oleh pelatih kepala, sementara grup kedua dilatih oleh pelatih fisik. Latihan dilakukan bergantian selama 1 jam.

Kemudian mereka diberikan teori psikologis supaya pemain memiliki pandangan untuk selalu menang pada setiap pertandingan.

Dilihat dari segi postur tubuh, menurut Blanco pemain Indonesia punya postur tubuh yang hampir sama dengan pemain Argentina.

Blanco menilai banyak pemain bagus di Indonesia dan mereka bisa dibentuk menjadi pemain bintang seperti Sergio Aguero, Diego Maradona, maupun Javier Saviola.

Kedatangannya ke Indonesia adalah untuk mengubah sepakbola agar bisa berbicara di tingkat internasional. Secara tegas Blanco akan mencoret pemain yang tidak memiliki semangat juang dan kerja keras.

“Kami ke sini bukan untuk mengikuti kebiasaan sepakbola di Indonesia, tetapi mereka yang harus mengikuti kebiasaan kami. Timnas harus punya karakter. Pemain yang tidak mau berjuang keras, mereka tidak layak berada di timnas” tegasnya.

Ujian pertama bagi Balco pun telah datang di depan mata, saat Timnas Indonesia menjamu Arab Saudi dilanjutan kualifikasi Piala Asia 2015.

Lantas apakah Blanco bisa menorehkan hasil lebih baik dibandingkan Nil Maizar yang hanya kejebolan 1 gol oleh Irak? Patut untuk ditunggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda