Scroll to Top

LibreOffice 4.0: Aplikasi Office Open Source Dirilis, Ini Fitur Barunya

By Ditya / Published on Friday, 08 Feb 2013

LibreOffice 4

The Document Foundation (TDF) telah mengumumkan kehadiran rilis aplikasi kantoran open source LibreOffice versi 4.0 kemarin (07/02/2013). LibreOffice sendiri adalah aplikasi kantoran layaknya Microsoft Office yang mengusung semangat Free dan Open Source (FOSS).

LibreOffice adalah software office gratis dan open source yang dikembangkan oleh The Document Fundation (TDF) dan dibuat berdasarkan OpenOffice.

Proyek LibreOffice didirikan pada tahun 2010 yang dibuat berdasarkan OpenOffice.org. Karena sifatnya yang lebih terbuka, proyek ini menarik banyak kontributor baru sehingga memungkinkan LibreOffice untuk maju lebih cepat. Saat ini, TDF memiliki 500 pengembang aktif yang terus bekerja meningkatkan kemampuan LibreOffice.

LibreOffice terdiri dari beberapa aplikasi, yakni LibreOffice Calc untuk spreedsheet layaknya Microsoft Excel, LibreOffice Impress untuk presentasi layaknya Microsoft PowerPoint, dan LibreOffice Writer untuk word processing. Tak hanya itu, juga hadir LibreOffice Base, Draw, dan Math.

LibreOffice 4.0 ini telah tersedia untuk sistem operasi Windows, Linux, dan Mac OSX. Rilis terbaru LibreOffice 4.0 ini menawarkan coding yang lebih bersih, ringan, peningkatan fitur, dan interopabilitas yang lebih baik. Berikut fitur baru LibreOffice 4.0 :

  • Integrasi dengan beberapa CMS termasuk Alfresco, IBM FileNet P8, Microsoft Sharepoint 2010, Nuxeo, OpenText, SAP NetWeaver Cloud Service, dan lain sebagainya.
  • Peningkatan interopabilitas dengan dokumen DOCX dan RTF.
  • Hadirnya aplikasi Impress remote control for Android.
  • Dukungan format Microsoft Publisher.
  • Perbaikan tampilan antarmuka dan hadirnya Persona untuk kustomisasi tampilan theme LibreOffice.
  • Peningkatan kinerja aplikasi Calc.

Seperti yang dilansir dari Hexus (07/02/2013), kehadiran LibreOffice diharapkan menjadi alternatif dari software office berbayar seperti Microsoft Office. Penasaran ingin mencoba aplikasi open source LibreOffice 4.0? Silahkan unduh melalui tautan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda