Scroll to Top

Tablet Surface Pro: Kinerja Kencang Setara Ultrabook

By Ditya / Published on Friday, 08 Feb 2013
Surface Pro
Tablet Surface Pro

Banyak yang menyoroti kekurangan tablet Surface Pro besutan Microsoft yang akan meluncur 9 Februari nanti. Meski kemampuan baterai kurang memuaskan dan ruang penyimpanan kurang luas, tablet Surface Pro ini ternyata memilki kinerja yang cukup kencang setara dengan Ultrabook.

Beberapa waktu lalu, kami pernah membandingkan Surface Pro dengan tablet iPad 4 andalan Apple. Keduanya sebenarnya membidik pasar yang berbeda. Tablet Surface Pro ini tampaknya membidik pasar bisnis yang lebih serius.

Hal ini terlihat dari kinerja yang dihasilkan tablet Surface Pro yang mampu menandingi Ultrabook telah diuji oleh Anandtech. Skor yang dihasilkan oleh tablet ini tak jauh beda dari Ultrabook lain yang telah meluncur di pasar.

Tablet Surface pro memang mengusung spesifikasi yang tak jauh dari Ultrabook, yakni ditenagai prosesor Intel generasi Ivy Bridge dari keluarga Core i5 ULV (Ultra-Low Voltage) dengan konsumsi daya maksimal 17W dan didukung grafis dari Intel HD Graphics 4000. Surface Pro ini juga dibekali memori RAM yang cukup besar, yakni 4GB.

Benchmark Surface Pro

Surface Pro dibekali layar dengan ukuran yang sama dengan tablet Surface RT, yakni 10,6 inci. Namun, Surface Pro mengusung resolusi layar yang lebih tinggi, yakni 1920 x 1080 piksel, sehingga layar tablet ini menjadi lebih tajam dan padat.

Tablet Surface Pro memang memiliki ruang penyimpanan yang terbatas, yakni 23GB untuk varian 64GB dan 83GB untuk varian 128GB. Namun, kemampuan SSD tablet Surface Pro ini tak bisa dipandang sebelah mata.

SSD Surface Pro yang menggunakan chip Micron ini mampu menghasilkan kecepatan baca hingga 400MB/s dan kecepatan tulis mencapai 200MB/s. Bandingkan dengan iPad 4 yang menurut Anandtech hanya mampu menghasilkan transfer rate sekitar 20-30MB/s.

Surface Pro anandtech

Seperti yang dilansir dari CNET (07/02/2013), kelemahan tablet Surface ada pada daya tahan baterai yang hanya mampu bertahan hingga 4 jam pemakaian saja. bandingkan dengan iPad 4 yang mampu bertahan hingga 10 jam pemakaian.

Namun, kelemahan pada daya tahan baterai dan ruang penyimpanan pada tablet Surface Pro ini dibayar dengan kinerja tinggi khas Ultrabook dalam bentuk tablet besutan Microsoft.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda