Scroll to Top

Timnas Indonesia U-23 Dilatih Duet Rahmad Darmawan & Aji Santoso?

By Aditya / Published on Saturday, 09 Feb 2013

Rahmad Darmawan Aji Santoso Widodo C Putro

Timnas Indonesia U-23 yang akan diterjunkan ke ajang SEA Games 2013 tampaknya akan dilatih oleh duet Rahmad Darmawan (RD) dan Aji Santoso. Gagasan memadukan dua pelatih tersebut dicetukan oleh Satlak Prima dari KONI yang diketuai oleh Surya Dharma.

Aji Santoso adalah pelatih Timnas Indonesia U-23 saat ini. Bersama Widodo C. Putro di staf kepelatihan, mantan pemain Persebaya Surabaya itu membesut tim Garuda Muda di bawah komando PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin.

Sedangkan Rahmad Darmawan merupakan pelatih Timnas Indonesia U-23 sebelum konflik PSSI terjadi yang ditandai dengan naiknya Djohar Arifin Husin sebagai Ketua Umum PSSI menggantikan Nurdin Halid.

Rahmad Darmawan dan Aji Santoso sebenarnya pernah bertandem ketika melatih Timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games 2013. Kala itu tim Garuda Muda yang masih diperkuat nama-nama top seperti Patrich Wanggai, Titus Bonai, Andik Vermansyah, Egi Melgiansyah, Kurnia Meiga, dan lainnya, memperoleh apresiasi tinggi dari publik sepakbola Indonesia kendati hanya sampai ke babak final.

Nah, dengan wacana diduetkannya Rahmad Darmawan dan Aji Santoso berarti akan mengulang romantisme ketika Timnas Indonesia masih baik-baik saja dan belum terpecah-belah seperti sekarang ini.

Namun, semua itu tergantung dari kerendahan hati dari masing-masing pihak yang menaungi keduanya, yakni PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin dan KPSI pimpinan La Nyalla Mattalitti.

Rahmad Darmawan sendiri menyatakan bersedia apabila dipercaya kembali untuk membesut Timnas Indonesia U-23. Saat ini, RD masih tercatat sebagai pelatih tim Arema Indonesia yang berlaga di Indonesia Super League (ISL). Pihak Arema ISL pun mengizinkan RD untuk melatih tim Garuda Muda.

“Jika dipercaya, saya tentu siap untuk menjalankan tugas sebagai pelatih Timnas Indonesia U-23. Dengan catatan, benar-benar mendapatkan dukungan,” kata pelatih yang pernah membesut klub-klub besar di Indonesia ini.

“Saya sudah minta izin ke manajemen dan ternyata mereka mengizinkannya. Nantinya, saya punya dua tanggung jawab, yakni sebagai pelatih Timnas Indonesia U-23 dan klub. Itu wajib dijalani semuanya. Saya akan berusaha berimbang dalam menjalankan tugas,” beber RD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda