Scroll to Top

Bing Kalah Pamor dengan Yandex, Mesin Pencari Asal Rusia

By Ditya / Published on Saturday, 09 Feb 2013

Microsoft Bing

Laporan dari ComScore menyebutkan bahwa Bing kalah pamor dibanding Yandex. Bing, mesin pencari andalan Microsoft yang digadang-gadangkan akan menyaingi Google ini tampaknya harus jatuh tersungkur karena mendapatkan pukulan dari Yandex, mesin pencari asal Rusia.

Berdasarkan laporan dari ComScore, mesin pencari Bing berhasil dikalahkan oleh Yandex yang kini mantap menduduki posisi keempat di pasar mesin pencari. Microsoft Bing harus puas menduduki peringkat kelima di pasar mesin pencari.

Siapakah jawara mesin pencari menurut ComScore? Siapa lagi kalo bukan mesin pencari besutan Larry Page dan Sergey Brin, Google. Mesin pencari Google ini menduduki peringkat pertama yeng menangani sekitar 114,7 miliar pencarian dan menguasai 65 persen pasar mesin pencari.

Posisi kedua ditempati oleh Baidu, mesin pencari asal China yang menangani sekitar 14,5 miliar pencarian dan menguasai 8,2 persen pasar dan disusul oleh Yahoo yang menangani 8,6 miliar pencarian serta menguasai 4,9 persen pasar.

Posisi keempat terjadi pertarungan dramatis antar Bing besutan Microsoft dengan Yandex, mesin pencari asal Rusia. Pertarungan akhirnya dimenangkan oleh Yandex yang menangani 4,8 miliar pencarian dan menguasai 2,8 persen pasar mesin pencari.

Microsoft Bing harus puas duduk di posisi kelima dengan perolehan pasar hanya 2,2 persen dan menangani pencarian sebanyak 4,4 miliar. Tapaknya kampanye Scroogled besutan Microsoft tak mampu menaikkan pamor Bing.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (08/02/2013), Yandex sendiri memang tak sepopuler Google atau Bing di Indonesia. Yandex adalah mesin pencari terbesar di Rusia yang menangani 60 persen pencarian web di negeri beruang merah tersebut.

Tentu saja hal ini cukup memalukan Microsoft, mengingat raksasa perangkat lunak asal Redmond ini cukup percaya diri dengan kemampuan Bing yang dinilai mampu menggeser Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda