Scroll to Top

Apakah Bijak Orangtua Unggah Foto Anak ke FB?

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 09 Feb 2013

FB bayi

Tidak sedikit orangtua yang gemar memajang pose-pose lucu foto anak mereka dan berbagi kebahagiaan di Facebook dengan teman dan kerabat. Namun apakah bijak tindakan demikian, dan apakah aman serta adil bagi anak mereka?

Dikutip dari The Telegraph Sabtu (09/02/13), situs MyVouchers.Co.Uk mensurvei sekitar 1.312 orangtua berusia 25 tahun ke atas. Dari studi ini diharapkan muncul sebuah pemikiran bagaimana sikap oranguta terhadap anak di dunia maya.

88% orangtua mengaku menggunakan jejaring sosial. 56% dari mereka menggunakannya untuk melihat foto-foto orang lain. Sedangkan 46% mengunakan situs tersebut untuk berbagi kabar, berita, pendapat, dan tentu saja foto.

Ada yang menarik bahwa hampir seperempat responden atau 23% dari mereka mengaku tak mengunggah foto keluarga (anak) di jejaring sosial. Para orangtua tersebut menjelaskan alasannya:

  • 29% mengaku tak miliki kontrol penuh akan akunnya.
  • 27% mengatakan tak tahu bagaimana mengatur privasi akunnya.
  • 25% lebih menyimpan (foto) diluar situs jejaring sosial.
  • 22% mengkhawatirkan soal hak cipta foto daring.
  • 21% mengatakan tidak percaya dengan internet.

Sedangkan sisanya, 77% responden yang mengunggah foto keluarga (anak) di internet mayoritas meng-upload-nya di Facebook (62%). Sedangkan Twitter ada di peringkat kedua (47%) disusul Instagram (28%).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda