Scroll to Top

5 Kebiasaan yang Baik Dilakukan Sebelum Tidur

By C Novita / Published on Saturday, 09 Feb 2013

tidur nyenyak

Bagi Anda yang kerap mengalami insomnia atau sulit tidur, maka ada baiknya lakukan beberapa kebiasaan sebelum tidur berikut ini, untuk memperoleh kualitas tidur yang lebih baik.

Dilansir oleh Foxnews, berikut kebiasaan yang baik dilakukan sebelum tidur:

  • 1. Mandi air hangat

Temperatur tubuh Anda secara alami akan turun pada malam hari, hingga pukul 4-5 pagi. Jika Anda mandi atau berendam dengan air hangat, maka otomatis suhu tubuh meningkat. Menurut studi yang dilakukan oleh New York Hospital-Cornell Medical Center, saat Anda usai mandi dan suhu tubuh turun dengan cepat, maka tubuh akan menjadi rileks dan efeknya adalah tidur makin nyenyak.

  • 2. Lampu redup

Saat malam tubuh melepas senyawa melatonin, yang membuat Anda mengantuk. Namun hormon ini akan mengalir dan bekerja jika situasi di sekitar sudah nampak gelap. Bila lampu terlampau terang, maka hormon ini tak akan maksimal bekerja.

  • 3. Piyama

Gantilah baju Anda dengan piyama atau baju berbahan nyaman serta longgar. Lakukan rutinitas yang membuat otak Anda berubah ke mode tidur. Misalnya cuci kaki dan tangan serta sikat gigi. Setelah mandi air hangat tentu.

  • 4. Jauhi nikotin dan kafein

Jangan pernah mengkonsumsi kafein dan nikotin sebelum tidur jika Anda menderita insomnia. Kedua zat ini adalah stimulan yang akan meningkatkan kerja otak dan membuat Anda terjaga.

  • 5. Matikan peralatan elektronik

Televisi dan komputer atau laptop serta berbagai peralatan elektronik yang membuat Anda terstimulasi untuk beraktifitas selain tidur sebaiknya dimatikan. Dengan demikian tidur Anda dapat lebih nyaman dan relaks, sebab aktifitas otak berkurang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda