Scroll to Top

4 Bahan Pengganti Lotion untuk Bercukur

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 10 Feb 2013

shaving

Mencukur jenggot maupun kumis kadang menyisakan masalah. Contohnya adalah luka di kulit atauluka bakar kecil. Luka kecil ini jika tidak diatasi bisa pula menyebabkan infeksi saat ada bibit penyakit masuk ke dalamnya.

Saat ini cukup banyak produk lotion pasca-mencukur (aftershaver) yang muncul di pasaran. Namun, sebenarnya Anda bisa membuatnya sendiri dengan kandungan minim alkohol dan berbagai manfaat dari bahan alami. Berikut ini beberapa pengganti aftershaver yang bisa dipakai;

  1. Lidah buaya. Ekstrak atau gel lidah buaya cocok dipakai sebagai lotion setelah bercukur. Sebab, di dalamnya terkandung zat antibakteri dan antimikroba. Walhasil kulit terlindungi saat terjadi luka atau iritasi sewaktu mecukur. Selain itu, kulit terlindungi dari infeksi.
  2. Minyak teh. Fungsi minyak ini adalah menyembuhkan luka saat cukur. Padukan dengan minyak lavender untuk hasil yang maksimal.
  3. Kulit jeruk. Campurkan kulit jeruk dengan rum, cengkeh, dan sedikit alkohol. Simpan di tempat gelap dan biarkan selama dua minggu untuk mendapatkan ekstrak minyak esensialnya. Saring cairan yang ada sampai terlihat jernih. Simpan dalam botol dan jadikan sebagai minyak oles setelah bercukur.
  4. Minyak kenari dan zaitun. Campurkan minyak kenari, beberapa tetes zaitun, dan air suling. Tambahkan bunga lavender, kulit lemon, atau kulit jeruk. Tambahkan cengkeh dan kayu manis. Masukan ke dalam wadah dan simpan selama 2-3 minggu. Kocok seminggu sekali. Selanjutnya saring dan simpan air ekstraknya pada sebuah botol. Terapkan minyak ini usai bercukur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda