Scroll to Top

Samsung Berniat Membeli Divisi PC Milik HP?

By Ivan Azzam / Published on Wednesday, 24 Aug 2011

Ingat berita dimana HP (Hewlett-Packard) akhirnya menyerah dalam mengembangkan TouchPad dan webOS miliknya? Bahkan HP sendiri berniat menjual divisi PC miliknya (layaknya IBM ke Lenovo)? Ternyata kabar ini berhembus juga ke perusahaan-perusahaan yang berminat, dan salah satunya adalah Samsung, dan Samsung sendiri sedang melakukan interaksi dengan berbagai notebook vendor di berbasis Taiwan.

Menurut Digitimes, dikutip dari Ars Technica, langkah Samsung ini adalah sebagai bentuk keseriusan Samsung dalam mengambil alih bisnis PC milik HP.

Samsung sendiri adalah produsen berbagai macam hardware sebutlah seperti memory, hard drive, layar, baterai, dan berbagai macam komponen komputer lainnya, dengan pembelian terhadap divisi PC milik HP akan membuka peluang besar bagi Samsung dan memangkas biaya yang dikeluarkan saat memproduksi.

Sebagaimana yang dilaporkan, rumor mengenai transaksi antara HP-Samsung ini sudah berhembus di Taiwan sejak 2010. Meski saat itu, transaksi sepertinya batal karena HP sendiri menolaknya, namun karena langkah HP baru-baru ini mengangkat lagi kabar bahwa akan terjadi pembelian oleh Samsung.

Penulis dari ZDNet, Jack Schofield berpendapat, Samsung hanyalah perusahaan PC yang memiliki uang, dan memang berniat mengambil alih divisi HP tersebut. Acer sedang mengalami kesulitan dengan penjualan PC miliknya, Asus tidak memiliki uang, MSI terlalu kecil. Lenovo sudah memiliki divisi PC dari IBM, Sony atau Apple tidak ingin terjun ke bisnis PC low-end. Microsoft tidak mau membelinya, maka dari itu ada dua pilihan, Toshiba dan Samsung, dan Samsung posisinya disini lebih difavoritkan.

Bagaimanapun, pembelian oleh Samsung ini diharapkan menguntungkan Samsung ke depannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda