Scroll to Top

Barcelona Unggul 12 Poin, Liga Spanyol Ada di Genggaman Tangan?

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 11 Feb 2013

Barcelona Unggul 12 Poin, Liga Spanyol Ada di Genggaman Tangan

Barcelona saat ini unggul 12 poin dari Atletico Madrid, yang secara mengejutkan tumbang di tangan tuan rumah Rayo Vallecano 2-1 dini hari tadi. Dengan selisih yang merentang tiga angka, apakah gelar La Liga sudah pasti menjadi milik El Barca?

Liga Spanyol menyisakan 15 pertandingan lagi. Semuanya memang masih bisa terjadi. Tapi yang ditampilkan oleh Andres Iniesta pada laga melawan Getafe adalah jaminan juara. Di bawah kendali Don Andres, para pemain Blaugrana menggerakkan bola kian kemari untuk menyarangkan enam gol ke gawang tim papan tengah La Liga.

Ball possessions 75% berkorelasi dengan 17 tembakan. 9 di antaranya tepat sasaran. Penampilan pasukan Jordi Roura yang berlaga pada tengah hari, bisa dikatakan sempurna, di hadapan lebih dari 85000 penonton di Camp Nou —rekor penonton terbanyak ketiga dalam sejarah Barca di La Liga—.

Masalahnya, bisakah Atletico atau Real Madrid mengejar Andres Iniesta cs.? Jika mengacu pada jadwal, tinggal empat tim ‘berat’ yang akan dihadapi Lionel Messi dkk. Dua di antaranya adalah peringkat kedua dan ketiga di klasemen sementara, yaitu Real Madrid dan Atletico Madrid. Kebetulan keduanya akan menjamu Barca. Los Blancos pada 4 Maret, sedangkan Rojiblancos pada 12 Mei mendatang —kala (mungkin) juara sudah didapatkan oleh Barca. Selain duo Madrid, ada Athletic yang akan menghadapi Blaugrana di San Mames pada 29 April. Gangguan di kandang, mungkin hanya ditemui kala Barcelona menjamu Sevilla (25 Februari).

Mengacu pada rekor pertemuan dengan tim-tim di atas, andai Barcelona kalah dari Real Madrid, dan cuma imbang atas Athletic dan Atletico, tidak akan ada yang mampu mengejar poin mereka. Bahkan mungkin, selisih dengan peringkat kedua, akan lebih masif daripada yang dilakukan Real Madrid musim lalu (9 poin).

Keadaan ini didukung dengan nasib Atletico, tim terdekat dengan Barca. Dalam tiga laga terakhir di La Liga, Rojiblancos tumbang. Oleh Athletic 3-0 dan oleh Rayo 2-1. Dengan konsentrasi yang terfokus ke Copa del Rey dan Europa League —yang lebih mungkin dimenangi— anak asuh Diego Simeone akan sulit mengejar Barcelona.

Hadangan malah mungkin hadir dari Real Madrid. Tapi, jarak 16 angak terlalu jauh. Maka, kuncinya adalah El Clasico pada 4 Maret mendatang. Andai Los Blancos menang dan hal tersebut berpengaruh pada mental Blaugrana, La Liga masih akan ‘sedikit seru dan tak terlalu membosankan’.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda