Scroll to Top

Anak-Anak Belasan Tahun Kini Mahir Meretas Game Online

By Ibnu Azis / Published on Monday, 11 Feb 2013

Kids Laptop

Menurut sebuah laporan, anak-anak usia belasan kini mahir menulis kode berbahaya. Aksi mereka dilakukan guna ‘mencuri’ mata uang virtual di aktivitas game online.

Laporan ini datang dari perusahaan antivirus AVG. Tony Anscombe dari AVG pada BBC berujar jika mereka mengungkap satu identitas anak usia 11 tahun asal Kanada sebagai pelaku.

Menurutnya anak-anak harus dididik tentang coding dengan seksama. Apa yang benar dan apa yang salah. Sebelum mereka dewasa, anak-anak harus memahami dampak dari apa yang mereka lakukan.

Sementara itu para peneliti menemukan banyak contoh malware yang menargetkan game populer dengan anak di pelbagai karalteristik yang sama. Sebagian besar ditulis menggunakan bahasa coding dasar seperti visual basic dan C#.

Salah satu program yang disasar misalnya Runescape Gold Hack. Software ini menawarkan mata uang virtual pada penggunanya. Namun pada kenyataannya digunakan untuk mencuri data pengguna lain.

“Kami menemukan bahwa malware tersebut sedang berusaha mencuri data dari orang tertentu dan mengirimkannya ke alamat email tertentu,” ujar Yuval Ben-Itzhak kepala keamanan AVG.

Yang lebih menarik lagi, alamat email ini dimiliki oleh anak usia 11 tahun yang bermukim di Kanada. Informasi bisa diperoleh dengan mudah tentang lokasi dan keberadaan anak tersebut berkat kode sumber malware.

“Kami tak bisa mengatakan berapa banyak anak-anak di seluruh dunia yang mampu menulis kode seperti ini. Namun, kami yakin kasus ini banyak terjadi,” tutup Yuval Ben-Itzhak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda