Scroll to Top

Tim Cook, CEO Apple Tak Pernah Ingin Menuntut Samsung Soal Paten

By Ditya / Published on Monday, 11 Feb 2013
Apple vs Samsung
Apple vs Samsung

Perang paten antara Apple dan Samsung telah berlangsung lama dan berlarut-larut sehingga menimbulkan kerugian dari kedua belah pihak. CEO Apple, Tim Cook ternyata menyatakan bahwa awalnya dirinya menentang keputusan Apple untuk menuntut Samsung yang membuatnya menjadi perang paten yang berlarut-larut.

Tim Cook sebenarnya tak ingin menuntut produsen yang selama ini menjadi pemasok kunci untuk produk Apple. Tim Cook sendiri sebenarnya ingin menyelesaikan masalah ini dengan damai.

“Saya selalu membenci litigasi, dan saya terus membencinya. Namun, demi konsistensi yang menekankan para pesaing Apple hrus menciptakan produk mereka sendiri,” kata Tim Cook, CEO Apple.

Perang paten berawal ketika mediang Steve Jobs memprakarsai gugatan terhadap Samsung yang merupakan bagian dari ‘perang nuklir’ melawan kloning iPhone dan sistem operaso Apple iOS, yakni Android. Bahkan, mendiang Steve Jobs pernah menyatakan bahwa pihaknya bertekat akan menghancurkan Android yang menurutnya kloning dari Aple iOS. Tim Cook yang merupkan pengganti Steve Jobs ini hanya meneruskan apa yang menjadi misi pendiri Apple tersebut.

Tim Eksekutif Apple telah berulang kali memperingatkan bahwa desain produk Samsung terlalu mirip dengan Apple iPhone dan iPad, hal ini disambut Samsung dengan perlawanan. Perang paten antara keduannya terjadi di beberapa negara, termasuk Amerika Serikat, dimana Samsung kalah dan harus membayar denda senilai USD $1 miliar

Meski Samsung kalah di Amerika Serikat, Apple tetap merasa kurang puas karena misi utamanya masih belum tepenuhi, yakni pencekalan produk Samsung di Amerika Serikat. Selain itu, di beberapa negara Samsung juga dinyatakan menang di pengadilan.

Seperti yang dilansir dari The Verge dan VentureBeat (10/02/2013), perang paten ini juga membawa resiko tersendiri bagi Apple, mengingat Samasung, mengingat Samsung adalah pemasok kunci dari berbagai komponen penting termasuk layar, memori, dan prosesor. Apple harus siap dengan alternative pengganti Samsung.

Tak hanya itu, citra Apple di mata konsumen juga dikabarkan menurun karena produsen berlogo buah apel ini dinilai sebagai perusahaan yang suka cari gara-gara soal paten. Bahkan, tak semua fans Apple mendukung Apple di perang paten tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda