Scroll to Top

Facebook (FB) Buat Penggunanya Makin Egois

By Ibnu Azis / Published on Monday, 11 Feb 2013

Facebook iPad

Beraktivitas di Facebook secara berlebih miliki efek buruk bagi pengguna. Menurut studi terbaru, FB bisa buat penggunanya makin egois.

Profesor Catalina Toma dari Universitas Winconsin bersama spesialis komunikasi Jeffrey Hancock dari Cornell University lakukan beberapa percobaan pada siswa untuk melihat pengaruh Facebook terhadap peningkatan harga diri.

Pada percobaan bagian bertama, siswa akan diuji ada ketrampilan public speaking mereka. Sembari menuju ruang kelas pidato, siswa diminta lakukan satu dari tiga hal: menelusuri profil mereka sendiri, menelusuri profil orang asing, atau menulis esay.

Setelah pidato selesai, para siswa menerima umpan balik atau kritik dari para penguji. Dan bagi mereka yang menelusuri profil Facebook akun sendiri, terjadi sebuah kejanggalan, mereka tak terima dikritik.

“Mereka yang memeriksa profil Facebook lima menit saja, lebih mudah untuk memikul tanggung jawab dan cenderung menyalahkan orang lain ketika menerima kritik,” ungkap Toma dan Hancock.

Masih menurut mereka, menghabiskan banyak waktu di Facabook bisa memenuhi kebutuhan ego seseorang. Mereka akan menampilkan versi diri yang sukses, yang tertanam dalam jaringannya yang bisa meningkatkan harga diri.

Facebook memang miliki segudang manfaat dan fungsi. Namun keberadaannya bagai pisau bermata dua, tajam ke atas dan tajam ke bawah. Bila salah menggunakaannya busa pula berujung celaka bagi yang tak hati-hati.

Kasus di atas hanya sebagian kecil contoh masalah yang ada khususnya terkait dengan problematika kepribadian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda