Scroll to Top

Taiwan Membuat Robot Yang Bisa Bernyanyi

By Ivan Azzam / Published on Wednesday, 24 Aug 2011

Teknologi robot sudah cukup lekat di kehidupan masyarakat masa kini, mulai dari yang sederhana sampai yang cukup canggih, sebutlah robot yang membantu militer AS, ataupun robot yang dijadikan guru pengganti di Jepang. Dan kali ini, ada kabar menarik dari National Taiwan University of Science and Technology di Taipei telah membuat sesuatu yang menakjubkan juga sekaligus menakutkan, sebuah kepala robot yang humanoid yang bisa membaca lembaran musik dan menyanyikannya.

Kepala proyek tersebut, Chyi-Yeu Lin, mengatakan cara kerjanya, robot tersebut mengambil foto, dari kamera yang ditanamkan ke matanya. Lalu algoritma yang dimilikinya mendeteksi nada, ritme, dan lirik lalu mengirim informasi tersebut ke synthesizer suaranya. Lalu robot tersebut mulai menyanyikan liriknya. Selama liriknya ditulis dengan ejaan Romawi, maka robot tersebut bisa menyanyi lagu apa saja.

Humanoid tersebut bisa membaca selembar kertas musik dalam 40 detik, lalu menyanyikan seluruh lagunya. Umumnya musisi biasa butuh beberapa menit tapi robot ini melakukannya dibawah 1 menit saja.

Tujuan utama dari salah satu peneliti adalah melihat sekelompok robot yang bisa menyanyi dan membuat grup teater robot.

Peneliti juga melakukan survei acak terhadap 100 orang di jalanan di Taipei dan menemukan hasil bahwa robot tersebut adalah menyenangkan. Dan 40 persen berpikir bahwa kualitas suaranya mirip manusia dan 40 persennya lagi berpikir ini tidak realistis meski masih bisa diterima.

Tim peneliti tersebut juga mengajarkan robot tersebut agar berinteraksi dan mengenali manusia jadi agar mereka bisa menjadi resepsionis atau bahkan pelayan restoran di Cina. (via Geek)

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda