Scroll to Top

Project Ayr, Komputer Unik Tanpa Kipas & Berfungsi Sebagai Pengahangat Ruangan

By Ditya / Published on Monday, 11 Feb 2013

Project Ayr

Project Ayr adalah proyek komputer unik tanpa kipas yang memiliki fungsi tambahan, yakni sebagai penghangat ruangan. Komputer mini Project Ayr ini sangat cocok digunakan untuk pusat hiburan keluarga atau HTPC (Home Theatre Personal Computer).

Hal yang paling unik dari komputer Project Ayr besutan Jeffrey Stephenson ini adalah desain casing komputer yang menampilkan gaya Mahogany art deco. Sekilas, komputer mini Project Ayr ini tak terlihat seperti sebuah komputer. Namun, ketika melihat sisi belakang, barulah ketahuan bahwa Project Ayr adalah sebuah komputer mini.

Project Ayr memang bukan sebuah produk komersial, tapi hanya sebuah hasil tangan kreatif dari seorang modder yang bernama Jeffrey Stephenson. Casing Project Ayr ini terbuat dari aluminium.

Solusi komputer mini seperti Project Ayr ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan HTPC yang sejalan dengan dekorasi rumah Anda atau yang menginginkan sebuah HTPC yang unik serta memiliki fungsi lain, yakni sebagai penghangat ruangan.

Komputer mini Project Ayr ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i3 3225 dual-core yang merupakan keluarga dari Intel Ivy Bridge yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 8GB dan grafis dari Intel HD Graphics 4000.

Tak hanya itu, Project Ayr menggunakan sistem operasi Windows 8 dan menggunakan media penyimpanan berupa SSD (Solid State Drive) dari Intel Cehrryville. Komputer mini ini menggunakan sebuah power supply mini berkapasitas 150W.

Seperti yang dilansir dari Engadget (11/02/2013), komputer mini Project Ayr ini menggunakan pendingin berupa nheatsink pasif tanpa kipas dari Silverstone HE02. Ketika komputer Project Ayr ini digunakan, maka heatsink pasif tersebut akan menghasilkan panas dari sistem dan jadilah penghangat ruangan.

Penasaran? Simak video berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda