Scroll to Top

Mega Bayar Peneliti Keamanan untuk Perbaiki Celah Keamanan

By Ditya / Published on Monday, 11 Feb 2013

Mega

Mega, layanan file sharing yang merupakan reinkarnasi dari Megaupload besutan Kim Dotcom dikabarkan akan membayar peneliti untuk mencari dan memperbaiki celah keamanan yang ditemukan di situs file sharing yang baru saja diluncurkan tersebut.

Mega adalah situs file sharing baru besutan Kim Dotcom yang menawarkan penyimpanan gratis sebesar 50GB, sehingga menarik banyak pengguna. Sebagai situs file sharing baru, Mega masih ditemukan celah keamanan atau kerentanan yang dapat dimanfaatkan oleh penyerang.

Tak kurang dari tujuh bug atau celah keamanan telah ditemukan dan segera ditambal. tak hnya itu, baru-baru ini Mega juga tercatat ditemukan 6 bug baru lagi. Celah keamanan atau bug yang ditemukan segera dikelompokkan menjadi beberapa kategori berdasarkan tingkat keseriusan bahayanya.

Kim Dotcom memutuskan untuk mengadopsi cara yang dilakukan Google untuk menguji dan mencari celah keamanan pada perangkat lunak besutannya, yakni dengan membayar peneliti atau siapa saja yang telah menemukan celah kemanan baru di situs Mega.

Hal ini dinilai cukup efektif untuk memperbaiki celah keamanan yang terdapat di situs reinkarnasi dari Megaupload tersebut. Kim Dotcom mengatakan bahwa semua itu dilakukan untuk menjamin kemanan dan kenyamanan data pengguna di Mega.

Seperti yang dilansir dari Softpedia (11/02/2013), Mega memang tak menyebutkan daftar peneliti yang telah menemukan celah keamanan. Sebenarnya, penyebutan nama ini lebih penting bagi peneliti dibandingkan hadiah semata, karena jika nama mereka disebut maka akan memudahkan siapa saja yang membutuhkan jasa mereka.

Salah seorang peneliti keamanan bernama Frans Rosen kabarnya telah mendapat USD $1337 dari Kim Dotcom yang merupakan pendiri Mega karena talah menemukan celah keamanan XSS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda