5 Zat Kimia Berbahaya pada Kosmetik

kosmetik

Tidak semua produk kosmetik aman dikonsumsi. Sebab, bisa jadi komposisi bahannya mengandung bahan kimia yang berbahaya. Seperti dikutip She Knows, ada lima zat kimia berbahaya yang biasa ditemukan pada kosmetik. Paparan dalam jangka panjang mungkin sangat merugikan tubuh.

  1. Parabens. Zat kimia ini  sering digunakan sebagai pengawet dalam kosmetik untuk membantu mencegah pertumbuhan bakteri. Pemakaiannya masih kontroversial. Pasalnya, zat ini ternyata ditemukan pada sel tumor dan kanker payudara. Parabens memiliki kemampuan untuk sedikit meniru hormon estrogen dan memiliki kontribusi dalam perkembangan kanker payudara. Kulit juga dimungkinkan mengalami penuaan lebih cepat. Dilaporkan pula, parabens bisa memicu kerusakan DNA.
  2. Phthalates. Zat ini digunakan sebagai pelarut dalam kosmetik sehingga menjadi sebuah produk yang sempurna. Terhadap kesehatan, phthalates menyebabkan toksisitas pada reproduksi dan perkembangan. Dalam jangka panjang bisa berujung dengan munculnya kanker.
  3. Triclosan. Zat yang berfungsi sebagai antibakteri ini dapat mengganggu fungsi hormon dan menyebabkan alergi. Triclosan tidak mudah terurai di air. Selain itu, zat tersebut berkontribusi pada munculnya resistensi bakteri terhadap antibiotik.
  4. Propylene glycol. Zat ini ditemukan pada deterjen, pelarut, dan sebagainya. Propylene glycol yang mengendap di tubuh bisa mengiritasi kulit, sakit kepala, dan masalah kesehatan lainnya.
  5. Petroleum atau minyak mineral. Anda bisa menemukannya pada produk parfum. Ini sebenarnya produk sampingan dari penyulingan bensin. Zat ini dapat menyimbat pori-pori dan menurunkan fungsi paru-paru.

Komentar Anda

Leave A Response