Scroll to Top

Fiorentina Memboyong Santiago Silva dari Velez Sarsfield

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 24 Aug 2011

Ketika Alessio Cerci berhasil diamankan dari pinangan Manchester City, Fiorentina mendapatkan tambahan skuad baru. Dia adalah Santiago Silva, pemain asal Uruguay yang usianya sudah 30 tahun.

Silva dibeli Fiorentina dengan harga 1,7 juta euro dari klub sebelumnya, Velez Sarsfield.

Bagi Velez, kepergian Silva melanjutkan eksodus para pemainnya ke Serie-A. Sebelumnya, sudah ada Ricardo “Rikki” Alvarez yang bergabung ke Internazionale. Ada pula Maximiliano Moralez yang memilih Atalanta sebagai naungan di Italia.

Fernando Raffaini, presiden Velez Sarsfield, tidak bisa berbuat banyak untuk mempertahankan Santiago Silva di Argentina. Ia berkomentar, “Santiago berkata kepada saya bahwa ini adalah salah satu kesempatan terbaiknya untuk bermain di Eropa. Ia ingin pergi dan hal inilah yang terjadi.”

Sebenarnya, kepergian Silva ke Eropa bukan sekali ini saja. Dalam kariernya, Silva sudah menempati setidaknya empat negara. Setelah tampil di liga domestik Uruguay, ia mencoba peruntungan di Brazil bersama Corinthians, mantan klub Carlos Tevez.

Ia kemudian berpindah ke Liga Jerman, bergabung dengan klub kecil Energie Cottbus. Silva mengecap Liga Portugal bersama Beira Mar. Kemudian, sejak 2005 ia “menetap” di Liga Argentina. Klub Newell’s Old Boys, Gimnasia La Plata, Banfield, dan Velez Sarsfield.

Kepergian Silva ke Fiorentina di usia lumayan senja mungkin saja bisa bertuah. Namun juga mungkin akan menjadi bumerang menjelang kariernya berakhir. Banyak pemain Amerika Latin yang hijrah ke Eropa demi popularitas dan pundi-pundi uang. Banyak yang sukses, namun lebih banyak lagi yang gagal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda