Scroll to Top

FB Dituding Curi Paten Like

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 12 Feb 2013

Facebook Like

Facebook kali ini kembali menerima gugatan hukum. Jejaring sosial populer ini dituding mencuri paten Like. Sejumlah hak paten dalam teknologi yang digunakan pada fitur jempol FB ditengarai mencuri ide sebuah perusahaan di Belanda.

Tak hanya satu, Facebook diyakini mencuri dua paten Joannes Jozef Everardus Van Der Meer. Ia adalah pemilik paten tersebut yang telah meninggal pada tahun 2004 lalu. Demikian ujar perwakilan perusahaan Rembrandt Social Media yang dikutip dari Telegraph Selasa (12/02/13).

“Kami percaya paten ini merupakan landasan penting dari media sosial tersebut sebagaimana kita ketahui. Kami berharap hakim dan juri mencapai kesimpulan akhir yang berdasarkan bukti,” ujarnya.

Gugatan hukum ini sendiri telah dilayangkan pihak penggugat ke pengadilan federal Amerika Serikat di Virginia. Rembrandt Social Media miliki sejumlah paten Van De Meer yang pernah mengembangkan media sosial bernama Surfbook. Dan bahkan ia mematenkan paten-patennya sejak tahun 1998 atau lima tahun sebelum Facebook berdiri.

Surfbook sendiri sejenis  buku harian sosial yang bisa digunakan untuk berbagi informasi dengan sahabat dan keluarga. Media sosial ini juga miliki fitur jempol yang jadi legenda Facebook kala ini.

Pihak Rembrandt Social Media sendiri yakin jika Facebook sejatinya tahu akan paten-paten tersebut. Namun jejaring sosial semiliar umat ini tak menghiraukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda