Scroll to Top

DiveBot, Robot RC dengan Kemampuan Mirip Kapal Selam

By Ditya / Published on Tuesday, 12 Feb 2013
DiveBot
DiveBot

Baru-baru ini F5 Robotics telah mengungkapkan robot RC (Remote Control) yang memiliki kemampuan menyelam layaknya sebuah kapal selam dengan nama DiveBot. Robot RC DiveBot ini diklaim sebagai robot pertama yang siap digunakan di bawah air. DiveBot dijual dengan harga USD $1300 atau sekitar Rp 12,5 jutaan.

Proyek DiveBot ini didanai oleh situs crowd-funding mirip Kicktsarter, yakni Indigogo. Pengguna dapat menyumbang dana pada sebuat proyek yang menurutnya menarik dan pengguna akan mendapat akses pertama ketika produk tersebut meluncur.

Robot DiveBot ini termasuk kategori ROV (Remotely Operated Vehicle) yang memiliki kemampuan layaknya kapal selam. Pengguna dapat menyelam ke dalam laut dengan menggunakan robot DiveBot ini. Beberapa orang menyebut DiveBot sebagai submarine RC.

Robot DiveBot ini akan tersedia dalam beberapa peket atau kit yang berbeda-beda sesuai kebutuhan pengguna. Tak hanya itu, pengguna juga dapat memilih platform DIY (Do-it-Yourself) untuk membangun sendiri DiveBot sesuai keinginan dan kebutuhan pengguna.

mesin DiveBot

Terdapat juga robot DiveBot versi standar yang dilengkapi dengan kamera definisi tinggi yang dilengkapi dengan kontrol dan konektor video-out, sehingga dapat dihubungkan dengan layar milik pengguna. Harga kit DIY dibandrol dengan harga antara USD $600 hingga $700. Sedangkan versi standar dibandrol dengan harga USD $1200-$1300.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (11/03/2013), robot RC DiveBot juga tersedia dalam paket deluxe atau paket tertinggi dan termahal dari robot kapal selam ini. Varian deluxe ini mengusung berbagai kelebihan seperti hadirnya layar LCD berukuran 7 inci dan mendukung upgrade untuk penyelaman hingga 500 kaki dan pencahayaan AUX.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda