Scroll to Top

Sergio van Dijk ke Persib, Berharap Bisa Perkuat Timnas Indonesia

By Aditya / Published on Tuesday, 12 Feb 2013

Sergio van Dijk Persib

Sergio van Dijk yang telah resmi bergabung dengan Persib Bandung ingin beradaptasi terlebih dulu di klub barunya itu. Mengenai keinginannya untuk memperkuat Timnas Indonesia, Sergio van Dijk hanya berharap suatu saat nanti ia bisa bergabung dengan skuat Garuda, tentunya atas izin Persib.

“Saya adaptasi dengan pemain lain (di Persib). Mudah-mudahan bisa kasih petunjuk. Kalau bisa main timnas. Ya, kalau semua lancar mudah-mudahan bisa (diizinkan memperkuat timnas),” kata Sergio van Dijk usai diperkenalkan sebagai pemain baru Persib, kemarin.

Sergio van Dijk sendiri sudah cukup lama menyatakan keinginannya untuk bisa membela negara asal leluhurnya. Pada pertengahan tahun 2012 silam, pemain kelahiran Belanda berdarah Sunda ini sempat berkicau di Twitter dan mengeluh karena proses naturalisasinya berjalan lamban.

”Masih menunggu. Waktu terlalu lama!” kicau Sergio van Dijk melalui akun Twitter-nya @serginhovandijk dengan memakai hashtag #WNI kala itu.

Kini, proses naturalisasi Sergio van Dijk dikabarkan telah rampung sehingga ia sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia dan tentunya sudah dapat memperkuat Timnas Indonesia. Namun, kepastian Sergio van Dijk bisa membela timnas tergantung pada panggilan PSSI dan keputusan manajemen Persib, apakah bersedia melepas Sergio van Dijk ke Timnas Indonesia atau tidak.

Pihak manajemen Persib sendiri masih belum bersedia menjelaskan secara gamblang mengenai hal tersebut. Manajer Persib, Umuh Muchtar, hanya mengatakan bahwa saat ini Sergio van Dijk harus merasa nyaman dan menikmati dulu suasana baru di tim barunya.

“Semua pemain akan bangga dipanggil timnas. Tapi semuanya enak-enak dulu. Harus enak dan enjoy,” ujar Umuh Muchtar.

Umuh Muchtar sendiri pernah menegaskan bahwa Persib akan melepas pemain ke Timnas Indonesia apabila kiruh antara PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin dan KPSI pimpinan La Nyalla Mattalitti sudah berakhir. 

Rekrutan terbaru Persib, Sergio van Dijk, dilahirkan di Assen, Belanda, pada 6 Agustus 1982. Karirnya dimulai di klub Belanda, Groningen,  pada 1999. Kemudian, ia pindah ke klub Belanda lainnya, yakni Helmond Sport selama kurun tahun 2002-2005 dan Emmen pada musim 2005-2008. Pada tahun 2010, penyerang yang kini berusia 30 tahun ini hijrah ke Australia dan bergabung dengan Brisbane Roar sebelum direkrut Adelaide United dan menjadi mesin gol di sana.

Selama berkiprah di Adelaide United, striker kekar dengan tinggi badan 185 cm  ini telah mencetak 50 gol yang menempatkan Sergio van Dijk sebagai pencetak gol terbanyak ketiga di kompetisi tertinggi Australia setelah Shane Smeltz yang bermain di Perth Glory dengan 65 gol dan pemain andalan Melbourne Victory, Archie Thompson, yang mencetak 60 gol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda