Scroll to Top

PSSI Kapok Panggil Pemain Persipura ke Timnas Indonesia?

By Aditya / Published on Tuesday, 12 Feb 2013

Stevie Bonsapia Timnas Indonesia

PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin tampaknya tidak lagi memanggil para pemain dari Persipura Jayapura untuk memperkuat Timnas Indonesia. Apakah PSSI kapok setelah mengalami berbagai masalah dengan tim Mutiara Hitam? Asisten Manajer Timnas Indonesia, Nico Dimo, menyebut bahwa PSSI tidak memanggil pemain Persipura karena tim asal Papua itu sedang konsentrasi di kompetisi Indonesia Super League (ISL).

“Kami tidak akan memanggil para pemain Persipura. Mereka telah memutuskan untuk berkonsentrasi mengarungi kompetisi,” ujar Nico Dimo di Kantor PSSI, Jakarta, kemarin.

Namun, ditengarai bukan karena masalah itu saja mengapa PSSI enggan lagi memanggil pemain Persipura. Pasalnya, PSSI juga masih memanggil pemain dari klub ISL lainnya yang sama aktifnya di kompetisi seperti Persipura.

Bisa jadi PSSI ogah ditagih janji oleh Persipura mengenai denda yang harus dibayar karena dinyatakan kalah dalam pengadilan olahraga internasional oleh CAS (Court of Arbitration for Sports) selaku badan arbitrase olahraga internasional. Tahun lalu, Persipura memang menggugat PSSI ke CAS karena haknya untuk berlaga di Liga Champions Asia dihilangkan oleh PSSI.

Selain itu, PSSI juga masih ”berhutang” kepada Persipura terkait kasus Stevie Bonsapia yang kabur dari tim untuk bergabung dengan Timnas Indonesia asuhan Nil Maizar. Stevie Bonsapia pun dipecat dan dikenai hukuman denda sebesar setengah dari nilai kontraknya di Persipura. Sementara itu, PSSI berjanji akan membayar denda yang dijatuhkan kepada Stevie Bonsapia tersebut namun hingga kini belum terealisasi.

Tak hanya itu, PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin sebelumnya juga berkasus dengan pemain Persipura lainnya yang dipanggil ke Timnas Indonesia. Sama seperti kasus Stevie Bonsapia, Titus Bonai sebelumnya telah melakukan tindakan serupa.

Bahkan, Titus Bonai pernah terlibat kasus pemalsuan dokumen oleh oknum PT Liga Prima Indonesia Sportindo selaku pengelola kompetisi Indonesia Premier League (IPL) ketika hendak pindah ke klub Thailand, BEC Tero Sasana. Kasus tersebut pun kemudian membuat repot PSSI dan menarik kembali Titus Bonai ke Indonesia dan saat ini bermain untuk Semen Padang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda