Scroll to Top

Jadi Default Search Engine di iOS, Google Bayar Apple USD 1 Miliar

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 13 Feb 2013

Google iOS

Apple dan Google sejak dulu memang tak akur. Namun dengan gelontoran USD 1 miliar, bisa saja hubungan mereka luluh. Dikutip dari TechCrunch Rabu (13/02/13) seperti laporan Morgan Stanley, di tahun 2014 nanti Google siap membayar Apple lebih dari USD 1 miliar sebagai mahar default search engine di iOS.

Jika dibandingkan dengan empat tahun yang lalu, Google hanya membayar USD 82 juta untuk hak istimewa ini (2009). Menurut analis Scott Devitt kesepakatan (harga) ini terus tumbuh setiap tahunnya.

Menurut laporan yang bertajuk ‘The Next Google Is Google’ biaya ‘lalu lintas akuisisi’ sebanding dengan jumlah penjualan unit iOS. Biaya ini naik perlahan namun konstan.

Mulai USD 3,2 per satuan menjadi USD 3,3 dan di tahun depan jadi USD 3,5. Itulah mengapa biaya terus membengkak jika di tahun-tahun ke depan penjualan iOS terus meningkat.

Sebagai perbandingan, agar perspektifnya berimbang, Mozilla Foundation seharusnya mendapat USD 400 juta dari Google di tahun 2014 nanti. Opera juga merupakan mitra lama Google. Namun Morgan Stanley tidak membeberkan angka-angkanya.

Tak hanya Google saja yang getol mendekati Apple. Microsoft pun demikian. Bing sejak dulu ditawarkan default di iOS. Kini search engine tersebut juga masuk opsi default di Blackberry dan smartphone Nokia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda