Scroll to Top

Asteroid Berukuran Setengah Lapangan Bola Berpotensi Tabrak Bumi?

By Ditya / Published on Wednesday, 13 Feb 2013

asteroid menabrak bumi

Berita mengejutkan muncul dari pengamat luar angkasa yang mengatakan bahwa terdapat sebuah asteroid yang berukuran besar, yakni berukuran setengah dari lapangan sepak bola yang berpotensi menabrak planet Bumi.

Dalam beberapa hari kedepan, pemantau luar angkasa di Eropa Timur, Asia, dan Australia akan dapat kesempatan untuk melihat sebuah asteroid berukuran besar yang meluncur di langit. Pengamat memperkirakan bahwa asteroid berukuran besar tersebut akan terlihat pada hari Jumat besok (15/02/2013).

Meski belum pasti akan menabrak planet Bumi, asteroid yang berukuran setengah lapangan sepak bola ini memang berpotensi untuk menabrak bumi, mengungat posisinya yang dinilai cukup dekat dengan Bumi.

Berdasarkan informasi Don Yeomans dari NASA, belum pernah ada obyek sebesar asteroid tersebut yang berada di posisi yang sangat dekat dengan planet Bumi sejak tahun 1990-an. Karena posisinya yang cukup dekat dengan Bumi, asteroid ini berpotensi tertarik oleh gaya gravitasi Bumi.

Asteroid yang berukuran sebesar setengah lapangan bola ini dijuluki sebagai 2012DA14. Asteroid 2012DA14 ini akan bergerak melewati lingkaran satelit komunikasi dan cuaca geostationer Bumi dengan jarak dengan permukaan Bumi mencapai sekitar 17.200 mil.

Pihak NASA mengatakan bahwa asteroid 2012DA14 tak akan menimbulkan bahaya besar atau kiamat, karena asteroid 2012DA14 yang berukuran setengah lapangan bola ini tak memiliki cukup kekuatan untuk menyebabkan kerusakan secara global.

Seperti yangdilansir dari CHIP (13/02/2013), NASA mengungkapkan bahwa asteroid sebesar 2012DA14 ini pernag menabrak Bumi pada tahun 1908 dan mehyebabkan hutan seluas 820 mil persegi di Tunguska, Rusia, rata dengan tanah.

Tahun 1908 tampaknya cukup beruntung, karena jatuh di tengah hutan, lalu bagaimana asteroid 2012DA14 ini jatuh ditengah pemukiman penduduk atau kota? Jelas akan menghancurkan seluruh kota beserta penduduknya.

Semoga hal ini tidak terjadi, manusia hanya bisa berteori dan memperkirakan, Tuhan yang menentukan semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda