Scroll to Top

PSSI Belum Bayar Gaji, Pelatih Timnas Indonesia Sudah Mau Diganti

By Aditya / Published on Wednesday, 13 Feb 2013

Timnas Indonesia Latihan Nil Maizar

PSSI ternyata belum membayar gaji pelatih Timnas Indonesia, Nil Maizar, dan asistennya, Fabio Oliviera, selama 5 bulan. Apesnya, gaji belum dilunasi, posisi kedua pelatih itu sudah mau diganti dengan kehadiran pelatih asal Argentina, Luis Manuel Blanco, yang telah ditunjuk secara sepihak oleh Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, untuk menangani Timnas Indonesia.

Alhasil, Fabio Oliviera pun angkat bicara. Asisten pelatih tim Garuda asal Brasil ini mengeluhkan tindakan PSSI yang dinilainya kurang profesional. Bahkan, Fabio Oliviera berencana akan menemui langsung para petinggi PSSI untuk membahas masalah ini.

“Gaji saya belum dibayar selama lima bulan. Saya juga tidak tahu alasannya kenapa. Sampai hari ini saya belum lakukan pembicaraan dengan pihak PSSI. Rencananya dalam waktu dekat saya akan temui pihak PSSI untuk membicarakan masalah gaji saya,” tandas Fabio Oliviera, seperti dikutip dari Goal.

Ini merupakan protes kedua yang diungkapkan oleh Fabio Oliviera dalam dua bulan terakhir. Awal Januari 2013 silam, sang asisten pelatih juga mengeluhkan hal serupa. Ia juga yakin bahwa gaji Nil Maizar pun belum dibayar seperti dirinya.

“PSSI sebagai organisasi profesional masa perlu ditekan? Solusinya, hak dan kewajiban harus seimbang. Nil (Maizar) juga pasti belum dibayarkan juga, tapi saya tidak tahu berapa bulan,” keluh Fabio Oliviera saat itu.

Fabio Oliveira Timnas Indonesia
Fabio Oliveira, Asisten Pelatih Timnas Indonesia

Tak hanya Nil Maizar dan Fabio Oliviera, Media Officer Timnas Indonesia, Rezha Anggara Ry, pun mengalami nasib yang sama. Bahkan, PSSI belum membayar gajinya selama 7 bulan, Rezha Anggara Ry akhirnya memutuskan untuk tidak ikut berangkat ke Yordania ketika Timnas Indonesia akan berujicoba di sana sebelum melawan Irak di ajang Pra Piala Asia 2015.

“Saya memilih tidak berangkat karena sampai sekarang gaji saya selama 7 bulan belum dibayar,” tukas Rezha Anggara Ry.

Begitu pula dengan fisioterapi Timnas Indonesia, Matias Ibo, yang pernah naik pitam jelang AFF Cup 2012 silam lantaran gajinya belum dibayar oleh PSSI. Bahkan, ia sempat mengundurkan diri dari Timnas Indonesia karena masalah tersebut.

“Untuk sementara saya off dulu dari timnas, sampai manajemen memenuhi hak saya karena gaji saya belum dibayar selama empat bulan. Gaji pokok saya belum dibayar. Selain itu, ada beberapa pembelian alat kesehatan yang saya tanggung sendiri belum dibayar dan masalah bonus,” ungkap Matias Ibo waktu itu.

Masih adanya tunggakan untuk Timnas Indonesia ini diakui sendiri oleh anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Sihar Sitorus, yang menyatakan bahwa PSSI saat ini memang tidak punya uang. Namun, ia berjanji akan segera menyelesaikan masalah tersebut.

“PSSI tidak punya uang. Dengan kondisi keuangan seperti saat ini, bukan tidak mungkin juga hal itu (penunggakan gaji) terjadi. Yang pasti, saat ini PSSI sangat membutuhkan uang sangat banyak untuk menjalankan operasional timnas dengan mulus,” aku Sihar Sitorus.

”Untuk memenuhi itu, kami memang mencoba untuk terus berusaha, kami akan terus mengupayakannya. Kami akan mencoba untuk menyelesaikan jika memang ada tunggakan-tunggakan,” janjinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda