Scroll to Top

Roy Suryo Bentuk BTN Demi PSSI, KPSI, & Timnas Indonesia

By Aditya / Published on Thursday, 14 Feb 2013

Roy Suryo Ngakak

Roy Suryo selaku Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI mengemukakan gagasan untuk menyatukan PSSI dan KPSI demi terbentuknya Timnas Indonesia yang lebih solid dengan diperkuat oleh para pemain terbaik di negeri ini. Solusi yang ditawarkan oleh Menpora adalah pembentukan Badan Tim Nasional (BTN). Akan berhasilkah?

Menurut Roy Suryo, pembentukan BTN merupakan jalan tengah untuk menyelesaikan persoalan timnas. Seperti diketahui, selama kepengurusan PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin, Timnas Indonesia tidak pernah diperkuat oleh para pemain terbaik yang ada di Indonesia.

“Kita harus mencari jalan tengah. Ini semua demi merah putih. Caranya, kita akan membuat Badan Tim Nasional (BTN),” ujar Roy Suryo di Jakarta belum lama ini.

Di bawah asuhan Nil Maizar, Timnas Indonesia kerap tampil dengan kekuatan seadanya karena keterbatasan stok pemain. Para pemain yang memperkuat tim Garuda hanya berasal dari kompetisi Indonesia Premier League (IPL), Divisi Utama PSSI, atau bahkan dari tim PON di daerah.

Sementara Indonesia Super League (ISL) yang dihuni oleh klub-klub mapan yang selama ini dianggap yang terbaik di Indonesia dan memiliki para pemain yang juga dinilai sebagai jajaran pesepakbola terbaik di tanah air, tidak mengizinkan para pemainnya untuk bergabung ke Timnas Indonesia selama masih di bawah wewenang PSSI Djohar Arifin.

Klub-klub ISL sendiri telah menjatuhkan mosi tidak percaya terhadap kepengurusan PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin dan lebih memilih bernaung di bawah pengelolaan KPSI yang dikomandani oleh La Nyalla Mattalitti. Oleh karena itu, diharapkan BTN mampu menjadi jalan tengah atas persoalan tersebut.

”Apapun namanya, badan ini yang akan melakukan pemanggilan timnas dan pemain. Badan itu akan terdiri dari pengurus-pengurus PSSI dan KPSI yang berkompeten menangani timnas,” tandas Menpora.

“Badan ini bukan intervensi pemerintah,  pemerintah cuma memfasilitasi saja. Pemerintah yang akan bertugas memonitor badan itu,” lanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda