Scroll to Top

Anak-anak Lebih Menyukai Media Sosial Daripada Buku

By Melissa / Published on Wednesday, 24 Aug 2011

Sebuah survei yang dilaksanakan di London memiliki hasil yang cukup memrihatinkan.

Dikutip dari Facebook Fan Central, anak-anak di London lebih aktif menggunakan Facebook dan Twitter dibandingkan membaca buku. 1 dari 6 anak yang diteliti ternyata tidak mampu membaca 1 buku penuh dalam sebulan.

Survei yang dilakukan terhadap 18.141 anak dengan rentang usia 8 hingga 17 tahun ini juga menunjukkan bahwa anak-anak yang memilih untuk membaca buku selain di sekolah hanya berjumlah kurang dari 9000 anak.

Hal ini menunjukkan bahwa anak-anak lebih banyak membaca dan menulis melalui pesan elektronik seperti SMS, surel dan situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.

Jonathan Douglas, direktur dari National Literacy Trust, kegiatan amal yang diselenggarakan di Inggris mengemukakan bahwa upaya membantu anak-anak ini untuk menyukai kegiatan membaca akan membawa mereka ke dalam banyak kesempatan dalam hidup.

Bahkan anak-anak yang lebih tua mengaku bahwa mereka tidak membaca buku apa pun dalam 1 bulan terakhir.

Konsekuensi yang dikhawatirkan akan timbul adalah nantinya ketika sudah dewasa anak-anak ini hanya memiliki kemampuan membaca yang setara dengan anak berusia di bawah 11 tahun, kata Douglas.

Hasil studi ini menunjukkan bahwa frekuensi membaca buku sangat perlu ditingkatkan. Menurut Michael Gove, Secretary for Education, sekarang ini para pelajar yang berusia 11 tahun merasa kesulitan untuk membaca 50 buku dalam setahun.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda