Scroll to Top

Apakah Facebook Mulai Meniru Google+?

By Melissa / Published on Wednesday, 24 Aug 2011

Hari Selasa kemarin (23/8) melalui blog resminya, Facebook mengumumkan beberapa perubahan dalam fitur content sharing.

Fokus mereka kali ini adalah mengontrol siapa saja yang bisa melihat profil dan konten milik Anda.

Tinjau Kembali Foto dan Post Dari Teman Yang Men-tag Anda

Jika biasanya teman Anda dapat langsung men-tag Anda dalam foto atau post mereka secara otomatis, kali ini Anda dapat meninjau kembali apakah Anda benar-benar ingin menampilkan foto atau post dari teman Anda tersebut.

Fitur ini sebenarnya sudah banyak dinantikan oleh para pengguna Facebook, karena banyak dari mereka yang merasa dipermalukan oleh temannya yang sering memasang foto-foto yang menurut mereka tidak layak dipasang di Facebook.

Pilih Dengan Siapa Anda Ingin Berbagi Profil dan Konten

Sepintas fitur ini sangat mirip dengan fitur pada profil di Google Plus. Sekarang Anda dapat memilih dan menentukan siapa saja yang dapat melihat konten-konten tertentu dalam profil Anda, misalnya Anda ingin berbagi tempat tinggal Anda dengan teman, sementara Anda ingin nomor telepon Anda hanya bisa dilihat oleh anggota keluarga saja.


Selain konten dalam profil, Anda dapat juga mengontrol siapa saja yang dapat melihat konten yang Anda bagikan di Wall Anda.

Koreksi Post Anda

Jika tiba-tiba Anda ingin membatasi siapa saja yang boleh melihat konten yang baru Anda bagikan, Anda dapat langsung menggantinya setelah Anda membagi konten tersebut.

 

Seperti Apakah Profil Anda di Mata Pengguna Lain?

Jika selama ini Anda penasaran seperti apa profil Anda jika dilihat pengguna lain, sekarang Anda dapat menggunakan fitur “View Profile As…” untuk melihat profil Anda sebagai pengguna lain.

 

Tag Siapa Saja Yang Ada di Facebook

Selama ini Anda hanya dapat men-tag pengguna yang sudah menjadi teman Anda di Facebook. Kali ini Anda dapat men-tag siapa pun di Facebook. Namun nama mereka baru muncul di tag tersebut bila mereka menyetujuinya.

 

Tambahan Pilihan Saat Menghapus Tag dalam Foto atau Post

Kali ini Anda dapat memilih untuk menghapus tag tersebut dari profil Anda, mengirim pesan kepada pemilik foto atau teman yang men-tag Anda atau meminta untuk menghapus konten tersebut.

Perubahan ini dikabarkan akan segera dimulai dalam beberapa hari. Jika akun Anda sudah siap, Anda akan diminta mengikuti tur singkat untuk mencoba fitur-fitur baru tersebut.

Perubahan dalam content sharing ini dianggap sangat mirip dengan Google Plus, terutama dengan fitur Circles. Banyak para pengguna yang menganggap Facebook seperti ‘kebakaran jenggot’ dan mereka merasa kecewa karena sebenarnya fitur ini sudah diinginkan oleh mereka sejak lama, namun baru dimunculkan setelah adanya pesaing kuat seperti Google Plus.

Bagaimana menurut Anda? Berhasilkah Facebook meredam pesona fitur Circles yang menjadi andalan Google Plus? Apakah mungkin Google Plus akan merasa terancam dengan fitur-fitur terbaru milik Facebook ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda