Scroll to Top

HP akan Buat Tablet Android Ditenagai Tegra 4 Quad Core?

By Ditya / Published on Thursday, 14 Feb 2013

HP Touchpad

Hewlett-Packard atau HP dikabarkan tertarik untuk membuat tablet dengan sistem operasi Android. Berdasarkan laporan dari ReadWrite, HP tertarik untuk membuat tablet berbasis Android yang nantinya akan ditenagai oleh prosesor quad-core terbaru dari Nvidia, yakni Tegra 4.

HP sebelumnya teleh memiliki jajaran tablet Touchpad yang menggunakan sistem operasi WebOS yang dihentikan penjualannya setelah satu bulan diperkenalkan. Tak hanya itu, HP juga dikabarkan membatalkan rencana untuk meluncurkan smartphone berbasis sistem operasi WebOS.

Produsen komputer dan notebook ini juga telah memiliki jajaran tablet dengan sistem operasi Windows 8 dan Windows RT melalui jajaran produk laptop hybrid Envy x2 dan tablet ElitePad 900, kini HP tertarik ingin mencicipi tablet Android.

Berbeda dengan kebanyakan produsen seperti Acer, Asus, dan Google yang membidik segmen menengah dan entry-level, tablet besutan HP ini akan membidik pasar kelas atas atau high-end. Ini cukup unik mengingat sebagain besar tablet Android menyasar segmen kelas menengah dan entry-level.

Tablet berbasis sistem operasi Android dari HP ini akan menjadi tablet Android kelas atas ang ditenagai oleh Nvidia Tegra 4. Chipset Tegra 4 sendiri saat ini baru Toshiba yang dikabarkan mengadopsinya.

Nvidia Tegra 4 ini terdiri dari 4+1 core prosesor ARM Cortex-A15 dengan kecepatan yang belum diketahui. Meski mengsusung pola yang sama dengan Tegra 3, kemampuan Tegra 4 ini jauh lebih perkasa berkat penggunaan arsitektur ARM Cortex-A15 terbaru seperti yang digunakan pada tablet Nexus 10.

Sebagai produsen grafis terkemuka, Nvidia tak tanggung-tanggung membekali grafis Tegra 4. Grafis geForce ULP yang digunakan Tegra 4 memiliki 72 CUDA core, meningkat 6 kali lipat dari Tegra 3 yang hanya dibekali 12 core grafis. Performa grafis yang dihasilkan Tegra 4 tentu akan meningkat signifikan.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (13/02/2013), tablet besutan HP yang ditenagai Tegra 4 ini kemungkinan akan menjadi tablet kelas Android kelas atas yang tercepat di pasaran. Sayangnya, HP menolak berkomentar terkait kehadiran tablet Android ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda