Scroll to Top

PSSI Tetap Panggil Pemain Persipura ke Timnas Indonesia

By Aditya / Published on Thursday, 14 Feb 2013

Patrich Wanggai

PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin ternyata masih membutuhkan tenaga pemain Persipura Jayapura untuk memperkuat Timnas Indonesia. Padahal, sebelumnya PSSI dikabarkan tidak akan memanggil pemain dari tim runner-up Indonesia Super League (ISL) musim lalu itu karena berbagai alasan.

Nyatanya, dari 33 pemain yang dipanggil PSSI untuk bergabung dengan Timnas Indonesia yang akan melakoni laga melawan Arab Saudi di ajang Pra Piala Asia 2015, ada satu pemain Persipura yang tetap disertakan, yakni Patrich Wanggai. Selain itu, nama Stevie Bonsapia yang dikabarkan bakal dipecat dari Persipura pun juga masih ada di daftar pemain yang dipanggil PSSI ke timnas.

Bedanya, kali ini PSSI memang ”mengurangi” jatah pemain Persipura yang diundang ke skuat Garuda. Saat pemanggilan pemain sebelum menghadapi Irak beberapa waktu lalu, PSSI memanggil cukup banyak pemain Persipura, seperti Boaz Solossa, Ortizan Solossa, Ricardo Salampessy, Lukas Mandowen, Ian Kabes, Immanuel Wanggai, Ferinando Pahabol, juga Patrich Wanggai yang kali ini tetap dipanggil.

Sebelumnya, Asisten Manajer Timnas Indonesia, Nico Dimo, menyebut bahwa PSSI tidak memanggil pemain Persipura dengan alasan tim asal Papua itu sedang konsentrasi di kompetisi Indonesia Super League (ISL).

“Kami tidak akan memanggil para pemain Persipura. Mereka telah memutuskan untuk berkonsentrasi mengarungi kompetisi,” kata Nico Dimo di Kantor PSSI, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Akan tetapi, diduga kuat bukan karena masalah itu saja alasan PSSI ogah memanggil pemain Persipura. Pasalnya, PSSI juga masih memanggil pemain dari klub ISL lainnya yang sama aktifnya di kompetisi seperti Persipura.

Kasus hukum antara PSSI dan Persipura tampaknya yang menjadi alasan enggannya PSSI berurusan lagi dengan manajemen tim asuhan Jacksen F. Tiago itu. PSSI memang masih ”berhutang” sebesar 84 juta rupiah kepada Persipura karena telah dinyatakan kalah dalam pengadilan olahraga internasional oleh CAS (Court of Arbitration for Sports) selaku badan arbitrase olahraga internasional.

Pertengahan tahun lalu, gugatan Persipura dimenangkan oleh CAS terkait penghilangan hak klub juara ISL musim 2010/2011 itu untuk berlaga di Liga Champions Asia (LCA). PSSI menganggap Persipura sebagai klub ilegal sehingga tidak berhak main di LCA. PSSI juga tidak mengakui ISL meskipun di sisi lain, PSSI tetap memanggil para pemain Persipura dan klub ISL lainnya ke timnas.

Selain itu, PSSI juga masih harus membayar denda sebagai kompensasi dipecatnya Stevie Bonsapia karena memilih bergabung dengan Timnas Indonesia asuhan Nil Maizar. Sebelumnya PSSI telah menyatakan bersedia membayar denda yang berjumlah setengah dari nilai kontrak Stevie Bonsapia itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda