Scroll to Top

Tablet Surface Pro Dibongkar, Sulit Diperbaiki Jika Rusak

By Ditya / Published on Thursday, 14 Feb 2013

Surface Pro Bongkar

Tablet terbaru Microsoft, Surface Pro kini mendapat giliran dibongkar oleh situs spesialis bongkar gadget terbaru, iFixit. Situs yang terkenal dengan tutorial membongkar gadget ini memberikan rating 1 dari 10 untuk tablet Surface Pro yang artinya sangat sulit diperbaiki jika tablet ini rusak.

Berdasarkan foto pembongkaran tablet Surface Pro oleh iFixit ini terlihat bahwa tablet besutan Microsoft ini menggunakan chip memori RAM sebesar 4GB DDR3 buatan Micron. Tak hanya itu, terlihat juga beberapa komponen tablet Surface Pro ini menggunakan komponen dari Atmel.

Board

Tablet Surface Pro yang dikabarkan laris ini menggunakan chipset Intel HM77 yang dipadukan dengan prosesor Intel Core i5-3317U. Sedangkan Bluetooth controller, tablet ini menggunakan chip buatan Marvell Avastar. Tablet Surface Pro yang dibongkar iFixit ini berkapasitas 64GB dan menggunakan chip memori buatan Windbond.

Sama seperti tablet iPad 4 dan iPad Mini yang juga pernah dibongkar oleh iFixit, tablet Surface Pro ini juga dinilai sangat sulit diperbaiki jika rusak. Bahkan, iFixit memberikan rating repairability  1 dari maksimal 10 poin yang artinya hampir tak bisa diperbaiki jika tablet Surface Pro ini mengalami kerusakan.

Board 2

Menurut iFixit, tablet Surface Pro ini menggunakan sekitar 90 sekrup yang harus dilepas untuk membongkar tablet ini, wah banyak juga ternyata. Tak hanya itu, beberapa bagian komponen pada tablet ini menggunakan lem perekat, seperti pada iPad, hal ini tentu menjadi musuh bagi yang membongkar tablet ini.

iFixit mengatakan bahwa pemula yang mencoba membongkar tablet Surface Pro bisa saja malah merusak kabel yang ada didalamnya jika kurang hati-hati, karena tablet Surface Pro ini lumayan rumit dan rawan.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (13/02/2013), pengguna tablet ini harus berhati0hati dalam menggunakan Surface Pro, karena jika rusak dan masa garansi telah habis, maka akan sangat sulit diperbaiki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda