Scroll to Top

Apple Kehilangan Trademark iPhone di Brazil

By Ditya / Published on Thursday, 14 Feb 2013
iPhone Brazil
iPhone Brazil

Apple dikabarkan telah kehilangan trademark atau merek dagang iPhone di Brazil. Putusan pengadilan menyatakan bahwa Apple tidak memiliki hak eksklusif untuk merek dagang iPhone di Brazil. Keputusan ini dibuat oleh regulator negara Brazil yang telah menemukan perusahaan lain yang telah memiliki merk dagang iPhone sebelumnya.

Masih ingat dengan iPhone Android yang beredar di Brazil? Ya, iGB, adalah perusahaan yang meluncurkan iPhone dibawah merek Gradient mengaku bahwa ia telah memiliki merek dagang “iPhone” sejak tahun 2000 yang terdaftar di INPI, sebuah lembaga kekayaan intelektual di Brazil.

iGB Gradient mengatakan bahwa ia mendapatkan merek dagang “iPhone” sejak sistem operasi Android versi beta meluncur atau satu tahun setelah Apple meluncurkan iPhone generasi pertama pada tahun 2007 lalu.

Model pertama iPhone besutan iGB Gradient ini dinamai “Neo” mengusung layar berukuran 3,7 inci lengkap dengan fitur konektivitas, seperti Bluetooth dan WiFi. Tak hanya itu, iPhone ini juga dilengkapi dengan kamera belakang dengan resolusi 5 megapiksel, kemampuan dual-SIM, memori internal 2GB, dan menggunakan sistem operasi Android 2.3.4 Gingerbread.

iGB Gradient juga menambahkan bahwa pihaknya tidak menggunakan merek iPhone sejak dulu karena perusahaannya sedang fokus pada restrukturisasi. iGB Gradient sendiri adalah merek yang cukup populer di Brazil dengan produk elektronik seperti CD/DVD player dan TV.

Tentu saja ini menutup kesempatan Apple untuk menggunakan merk dagang iPhone di Brazil. Namun, perusahaan yang berbasis di Cupertino ini tak menyerah untuk mendapatkan merek dagang iPhone di Brazil dengan menajukan banding.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (13/02/2013), Apple memang belum sepenuhnya kalah dalam memperebutkan trademark iPhone di Brazil, tapi ini adalah sebuah permulaan perang perebutan trademark iPhone di Brazil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda