Scroll to Top

Smartphone Tizen OS Kelas Atas akan Dipamerkan Samsung di MWC 2013

By Ditya / Published on Thursday, 14 Feb 2013

Tizen OS

Berdasarkan laporan dari Korea Times, Samsung Electronics bersiap-siap untuk memperkenalkan smartphone kelas atas pertama berbasis sistem operasi Tizen OS di ajang Mobile World Congress (MWC) 2013 mendatang yang akan dilaksanakan di Barcelona, Spanyol.

Hal ini sesuai dengan pernyataan petinggi Samsung beberapa waktu lalu bahwa pihaknya akan memperkenalkan smartphone berbasis sistem operasi Tizen OS yang merupakan hasil kerjasama Samsung dengan produsen prosesor x86 terbesar, Intel.

Raksasa elektronik asal Korea Selatan ini cukup antusias dan optimis dengan smartphone berbasis Tizen OS. Samsung sendiri saat ini sedang di atas angin berkat popularitas jajaran smartphone Galaxy berbasis Android. Samsung tampaknya ingin mengulangi kesuksesan tersebut dengan platform miliknya sendiri, Tizen OS.

Tizen sendiri adalah sistem operasi yang berbasis Linux yang muncul setelah proyek MeeGo besutan Nokia dan Intel berhenti. Awalnya, Nokia menggandeng Intel untuk mengembangkan sistem operasi MeeGo, akan tetapi Nokia memutuskan untuk menghentikan proyek MeeGo dan kini diambil alih oleh Samsung dan berganti nama menjadi Tizen.

Raksasa elektronik asak Korea Selatan ini sebenarnya telah memiliki sistem operasi sendiri yang digunakan pada jajaran smartphone Wave, yakni Bada OS. Ada spekulasi yang menyebutkan bahwa Samsung akan menggabungkan proyek Bada OS yang dinilai kurang sukses dengan Tizen.

Kehadiran platform Tizen OS yang diusung Samsung ini diharapkan dapat menarik perhatian pasar dan mampu bersaing dengan sistem operasi pendatang baru seperti Sailfish OS, Firefox OS, BlackBerry 10,Windows Phone 8 atau sistem operasi yang telah mendominasi pasar, Android dan Apple iOS.

Seperti yang dilansir dari Softpedia (13/02/2013), meski sebentar lagi akan diperkenalkan, sampai saat ini Samsung belum membeberkan fitur atau kemampuan yang dimiliki oleh Tizen OS ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda