Scroll to Top

Jus Tomat Bisa Gantikan Minuman Berenergi

By C Novita / Published on Thursday, 14 Feb 2013

jus tomat  Jus tomat lebih baik manfaatnya daripada minuman berenergi untuk membantu tubuh pulih dari rasa lelah usai olahraga atau bekerja. Ilmuwan menyatakan hal tersebut setelah menemukan bahwa tomat menyediakan nutrisi yang penting untuk membantu memulihkan otot dan kadar gula darah agar kembali normal usai bekerja keras.

Para ahli dari berbagai institusi kesehatan di Yunani telah melakukan tes pada 15 atlet selama 2 bulan dan mengamati tanda-tanda vital sebelum, selama dan setelah latihan. 9 dari 15 atlet tersebut diberi jus tomat selama latihan. 6 lainnya diberi minuman energi bersoda.

Atlet yang meminum jus tomat mengalami tingkat pemulihan otot lebih cepat dan kadar glukosa darah mereka cepat normal. Ini karena senyawa lycopene, yang memberi warna merah pada tomat. Senyawa ini merupakan antioksidan yang juga bermanfaat sebagai antikanker.

Orang yang menganut diet Mediterania, banyak mengkonsumsi tomat dan terbukti berusia lebih panjang dibanding yang lainnya. Mereka pun sedikit yang menderita penyakit jantung.

Seperti dilansir pada situs Dailymail, pada penelitian terbaru juga ditemukan bahwa enzim dan protein berbahaya yang berkontribusi pada kerusakan otak dan otot menjadi normal lebih cepat bila penderitanya diberikan jus tomat secara teratur. Waktu pemulihan pun hanya sekitar 2 bulan saja.

Hasil penelitian ahli Yunani tersebut telah dipublikasikan pada Journal Food and Chemical Toxicology.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda