Scroll to Top

Ternyata Jahe Banyak Menyimpan Manfaat Medis

By C Novita / Published on Thursday, 14 Feb 2013

manfaat jahe

Tumbuhan yang memiliki manfaat pengobatan atau medis sangat banyak, salah satunya adalah jahe. Jahe telah dikenal sejak jaman dahulu sebagai tanaman obat, selain juga digunakan untuk rempah masakan.

Jahe dapat mengurangi beberapa penyakit ringan seperti mual, diabetes, dan lelah serta sakit kepala. Tanaman dengan cita rasa pedas ini pun dapat menguatkan sistem imun dan mengurangi efek keracunan makanan.

Ingin tahu apa saja manfaat medis lain dari jahe, Boldsky melansir beberapa seperti di bawah ini:

  • Mengurangi morning sickness. Ibu yang sedang hamil muda biasanya mengalami hal ini. Mengkonsumsi air jahe hangat adalah cara tercepat untuk mengurangi efek mual dari morning sickness.
  • Mengurangi rasa sakit. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi atau anti peradangan dan mampu menghilangkan rasa sakit yang ditimbulkan oleh penyakit osteoarthritis atau arthritis. Jika penderita penyakit tersebut mengkonsumsi jahe secara teratur maka mobilitas mereka dapat lebih aktif.
  • Mabuk kendaraan. Orang yang sering merasa mual dan mabuk saat naik kendaraan atau pesawat dapat mengkonsumsi air jahe untuk mengurangi mual. Jahe pun dapat mengurangi efek jet lag.
  • Maag/perut perih. Air jahe adalah obat alami untuk berbagai jenis penyakit. Sakit maag dan perih pada lambung pun dapat dikurangi dengan konsumsi air jahe hangat.
  • Kram menstruasi. Wanita yang kerap mengalami kram saat menstruasi, sebaiknya mencoba minum air jahe hangat, ketimbang obat pereda sakit.
  • Batuk dan tenggorokan gatal. Jahe dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, termasuk dari serangan virus batuk dan flu. Selain itu, jahe meringankan gatal dan sakit tenggorokan. Konsumsi jahe saat batuk, sangat melegakan dan mengencerkan dahak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda