Scroll to Top

Irfan Bachdim, Pesepakbola Indonesia Pertama yang Merumput di Thailand

By Aditya / Published on Thursday, 14 Feb 2013

Irfan Bachdim

Irfan Bachdim siap mengukir sejarah sebagai pemain sepakbola Indonesia pertama yang merumput di Thailand. Ya, penyerang kelahiran Belanda berdarah lokal ini telah resmi bergabung dengan Chonburi FC, tim peserta Liga Primer Thailand. Apa tanggapan Irfan Bachdim mengenai hal itu?

Mantan pemain Persema Malang ini pun menyatakan kebanggaannya dapat menjadi pemain Indonesia yang berkiprah di Thailand. Namun, Irfan Bachdim tak ingin sekadar mampir di Thailand. Ia ingin menjadi pesepakbola nasional pertama yang bisa meraih prestasi di negeri gajah putih.

“Itu sangat bagus (menjadi pesepakbola pertama Indonesia yang bermain di Thailand). Tetapi, aku tidak ingin menjadi pemain (Indonesia) pertama yang tidak bisa memenangkan trofi,” tekad Irfan Bachdim belum lama ini.

Sebelumnya, mantan striker Persipura Jayapura, Titus Bonai alias Tibo, nyaris menjadi pemain Indonesia yang pertamakali merumput di Thailand. Namun, karena kasus pemalsuan dokumen yang dilakukan oleh oknum PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS), transfer Tibo ke BEC Tero Sasana pun dibatalkan.

Irfan Bachdim yang menjadi andalan Timnas Indonesia di era kepelatihan Nil Maizar ini memang bertekad untuk berprestasi di Thailand. Hal itu akan menjadi kebanggaan baginya dan tentunya bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Jadi, jika aku bisa mendapatkan trofi di sana bersama Chonburi, maka aku akan sangat bangga dengan diriku sendiri.  Intinya aku ngin selalu bermain di level tertinggi dan aku akan selalu berusaha untuk itu demi sepakbola Indonesia,” ungkap olahragawan yang juga laris manis sebagai bintang iklan ini.

Kendati mengakui Thailand adalah salah satu raksasa sepakbola di kawasan Asia Tenggara, namun Irfan Bachdim tetap melihat bahwa Indonesia masih lebih unggul dalam beberapa segi, misalnya animo para suporternya.

“Menurutku, suporter sepakbola di sana (Thailand) masih kalah dari Indonesia. Suporter yang paling hebat yang pernah aku lihat adalah Indonesia. Itulah mengapa aku mencintai sepakbola Indonesia karena di Thailand hal tersebut memang kurang besar,” ujar Irfan Bachdim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda