Scroll to Top

Real Madrid Spesialis Terbobol dari Bola Mati

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 15 Feb 2013

Real Madrid Spesialis Terbobol dari Bola Mati

Real Madrid harus berpuas dengan hasil imbang 1-1 ketika melawan Manchester United di leg pertama 16 besar Liga Champions. Sebuah gol lawan dicetak oleh Danny Welbeck via sundulan kepala menyambut umpan Wayne Rooney. Gol yang menurut Jose Mourinho merupakan kesalahan Sergio Ramos ini, terus melanjutkan spesialiasi Real Madrid musim ini: mudah terbobol lewat bola mati.

“Kami berlatih, kami menonton video lawan untuk mengetahui kekuatan mereka. Tapi, Anda lantas kalah dalam duel individual (Sergio Ramos tidak melompat ketika Danny Welbeck menyundul bola sepak pojok) … Kami memulai laga dengan baik, lalu mereka mencetak gol dari serangan pertama,” sebut Jose Mourinho dalam menganalisis laga di Liga Champion kemarin. Ya, gol United berasal dari bola mati, dan ini bukan pertama kali Real Madrid merasakan penderitaan karena keadaan serupa.

Faktanya, dalam sekian pertandingan, Los Blancos sering gagal menang karena terciptanya gol lawan dari bola mati. Sesuatu yang semestinya tidak terjadi untuk lini belakang tim sekelas Real Madrid; untuk tim dengan seorang pelatih yang dikenal sangat ahli dalam urusan pertahanan.

Kita bisa melihat apa yang terjadi di awal musim ketika Valencia berhasil menahan imbang Los Blancos 1-1 di Santiago Bernabeu. Gol Jonas berawal dari skema tendangan bebas. Lalu, ketika Madrid dibungkam saudaranya yang cuma berpenonton sedikit, Getafe, 2-1, gol Juan Valera berasal dari pola sama: free kick.

Saat Sevilla mendepak mereka 1-0, gol Piotr Trochowski juga dimulai dari tendangan sudut. Jangan lupakan gol penyeimbang Juan Albin di menit 88 ketika Madrid menjamu Espanyol. Meski tidak secara langsung, tapi gol ini berkat ketidaksigapan pasukan Santiago Bernabeu menyapu umpan sepak pojok.

Dan perhatikan pula, Lionel Messi sudah dua kali menjebol gawang Iker Casillas dari tendangan bebas. Ketika Barca kalah 2-1 di Bernabeu dalam Supercopa de Espana dan kala Madrid menahan prajurit Catalan 2-2 di Camp Nou.

Kelemahan pasukan Jose Mourinho ini, telah menyebabkan mereka sulit untuk menyabet gelar Liga Spanyol. Bahkan bisa dikatakan tidak mungkin. Apakah kekurangan yang sama, juga akan mengeluarkan Madrid dari Liga Champion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda