Scroll to Top

Barack Obama Dukung ‘Coding’ Masuk Kurikulum SMA, Indonesia?

By Ibnu Azis / Published on Friday, 15 Feb 2013

Barack Obama

Selama sesi Google+ Hangout, Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama setuju dan mendukung kelas ‘coding’ atau bahasa pemograman masuk kurikulum SMA AS. Apa yang mendasari presiden yang pernah bermukim di Indonesia ini menyatakan dukungannya?

“Saya fikir itu masuk akal, saya mendukungnya,” ujar Obama dalam sesi Hangout.

Ia tak keberatan dengan pesyaratan kurikulum SMA Amerika untuk belajar bahasa pemograman. Obama setuju 100% dengan dasar jika siswa harus mampu ‘menghasilkan’ sesuatu dan tak hanya mengonsumsi saja.

“Saya ingin memastikan jika kaum muda tahu bagaimana menghasilkan barang dengan komputer dan tak hanya mengonsumsi saja,” imbuhnya.

Dikutip dari CNET News Jumat (15/02/13), Barack Obama teringat percakapannya dengan Mark Zuckerberg bagaimana pendiri Facebook tersebut telah belajar coding di usia muda.

Dengan minat yang tinggi akan teknologi digital, sangat masuk akal di kalangan anak muda untuk diajarkan ketrampilan seperti pemograan dan desain grafis di sekolah tingkat atas.

“Siswa bisa melanjutkan untuk mengejar karir tanpa gelar sarjana empat tahun sekalipun,” ungkap Obama.

Dalam pidato State of the Union Selasa lalu, Barack Obama mengusulkan untuk membuat prasekolah (usia 4 tahun) tersedia di seluruh negara bagian.

Mengingat bagaimana balita AS saat ini telah akrab dengan iPad, mungkin pemenang pilpres AS tahun lalu ini berpandangan jika siswa-siswi AS sudah miliki pemahanam yang cukup untuk berkenalan dengan HTML 5, iOS SDK, dan lainnya di jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda