Scroll to Top

Ingin Anak Cerdas, Biasakan Sarapan

By C Novita / Published on Friday, 15 Feb 2013

sarapan bikin anak cerdas

Jangan pernah lupa untuk menyiapkan sarapan bagi anak Anda, sebab menurut penelitian, kebiasaan sarapan berhubungan dengan kecerdasannya. Anak yang sering melewatkan sarapan cenderung memiliki IQ lebih rendah dibanding mereka yang terbiasa sarapan.

Jianghong Liu, peneliti dari University of Pennsylvania School of Nursing mengatakan:

“Masa kanak-kanak adalah masa kritis seseorang dimana diet dan gaya hidupnya berimplikasi terhadap kesehatan dan kualitas hidup jangka panjang”, seperti dilansir oleh Naturalnews.

Hal itu berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh tim Liu, yang meneliti 1.269 anak usia 6 tahun di China Jintan Child Cohort Study. Mereka diteliti kebiasaan sarapan setiap harinya, dan dikorelasikan dengan kemampuan intelektualnya.

Selain itu juga sebenarnya faktor lain yang berhubungan dengan nilai IQ mereka pun diperhitungkan.

Hasilnya, IQ anak yang sering tak sarapan terlihat lebih rendah 4,6 poin dari pada anak yang teratur sarapan. Para peneliti tersebut menyimpulkan bahwa kebiasaan makan pagi sangat penting bagi para pelajar tersebut.

Seperti kita ketahui bahwa otak pun butuh energi sebelum digunakan untuk berpikir, setelah semalaman beristirahat. Nah, bila anak-anak mengkonsumsi sarapan bergizi sebelum memulai aktifitasnya, maka energi yang dibutuhkan oleh otak untuk bekerja telah terpenuhi.

Selain itu, interaksi positif di meja makan antara anak dan orang tua pun turut merangsang otak anak berkembang dengan baik. Jadi, jangan ragu untuk menyiapkan sarapan bagi anak Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda