Scroll to Top

11 Manfaat Telur untuk Kebaikan Tubuh

By Ilham Choirul / Published on Friday, 15 Feb 2013

eating egg

Telur menjadi santapan lezat sebagai lauk, yang mudah cara memasaknya. Sebagian orang bahkan mengonsumsinya sebagai teman sarapan. Orang yang sedang sakit kerap direkomendasikan untuk memakannya untuk mendukung proses penyembuhan.

Manfaat telur sangat banyak. Dikutip dari Blodsky, ada beragam pengaruh dari telur yang bisa menyehatkan tubuh. Berikut ini macamnya:

  1. Telur kaya dengan protein. Ada 9 jenis asam amino yang mampu membangun dan memperbaiki kesehatan otot. Pada setiap butir telur, terdapat 9 gram protein solid.
  2. Mengurangi berat badan. Pasalnya, proporsi lemak jenuh pada telur sangat kecil. Kebalikannya, telur memiliki jumlah lemak tak jenuh lebih banyak. Menurut sebuah studi, telur yang direbus membantu mengurangi berat badan.
  3. Mengonsumsi telur secara teratur dapat meningkatkan ketajaman mata memandang. Selain itu membantu pula terhadap pencegahan penyakit katarak.
  4. Zat kolin yang dimiliki telur membantu fungsi sistem saraf dan otak. Sehingga, telur sangat baik untuk menajamkan kemampuan berpikir.
  5. Bagi wanita, telur dapat mencegah kanker payudara.
  6. Dengan makan telur secukupnya dapat menyehatkan jantung. Zat dalam telur mencegah darah membeku yang menimbulkan penyumbatan pembuluh darah. Demikian menurut studi dari Harvard School of Public Health.
  7. Telur memiliki banyak zat belerang yang membuat kulit bersinar dan rambut berkilau. Mengoleskan telur mentah ke rambut bahkan dapat membuatnya halus dan lembut. Tapi jangan lupa, bilas rambut sampai bersih setelah memakainya.
  8. Bagi balita, telur memberikan kandungan vitamin D untuk membangun tulang yang kuat.
  9. Putih telur adalah bagian yang paling sehat dari telur karena mengandung protein dan nutrisi penting. Tapi, kuning telur yang mengandung kolesterol, sangat sehat dikonsumsi oleh anak-anak dan wanita hamil. Untuk pasien jantung atau yang memiliki kolesterol tinggi, sebaiknya hindari memakan telur.
  10. Sebagai menu sarapan, telur memberikan kombinasi yang tepat antara protein dan karbohidrat yang mudah diubah menjadi energi.
  11. Cara memaak telur yang paling baik adalah merebus atau mengukusnya. Jika ingin menggorengnya, pakai minyak dengan jumlah sedikit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda