Scroll to Top

Meteor Jatuh di Rusia, Rumor UFO Beredar

By Ditya / Published on Friday, 15 Feb 2013

Meteorit

Sebuah meteor jatuh di wilayah Ural, tepatnya berdekatan dengan kota Chelyabinsk, Yekateringburg, dan Tyumen di Rusia dan memicu rumor mengenai UFO.

“Jendela saya tidak hancur, tapi saya pertama kali berpikir bahwa rumah saya sedang dibongkar, maka saya pikir itu adalah UFO, dan saya kira adalah gempa bumi,” tulis Bukreeva Olga melalui Twitter.

Jatuhnya meteor ini menimbulkan serangkaian ledakan di langit wilayah Ural Rusia dan telah menimbulkan kepanikan warga di tiga kota besar di wilayah tersebut, yakni kota Chelyabinsk, Yekateringburg, dan Tyumen.

jatuh

Saksi mata mengatakan bahwa rumah mereka bergetar seperti gempa bumi dan terdengar dengan suara ledakan dan membuat sinyal telepon selular berhanti bekerja dan beberapa kaca jendela pecah. Hal ini memicu spekulai mennganai jatuhnya UFO (Unidentified Flying Object) atau mahluk luar angkasa.

Menurut laporan yang belum dikonfirmasi, meteorit itu dicegat oleh unit pertahanan udara di pemukiman Urzhumka dekat Chelyabinsk. Sebuah salvo rudal diarahkan pada potongan meteorit pada ketinggian 20 kilometer untuk mengurangi dampak kerusakan ketika jatuh di bumi, berdasarkan sumber dari pihak militer.

photo-user-34

Berdasarkan informasi dari RT.com (15/02/2013), sampai saat ini 500 orang dilaporkan membutuhkan bantuan medis akibat insiden jatuhnya meteorit, meski tak ada yang mengalami cedera serius. Pemerintah Rusia sendiri telah mengerahkan 20.000 tenaga penyelamat untuk beroperasi di ketiga kota tersebut.

Tak hanya itu, tentara Rusia juga dikabarkan turut bergabung dengan operasi penyelamatan sekaligus mencari puing-puing meteorit yang jatuh. Radiasi kimia dan biologi yang mungkin ditimbulkan oleh jatuhnya meteorit ini juga saat ini sedang dikaji.

“Jangan panik, ini adalah situasi yang biasa, kita dapat mengatasinya dalam beberapa hari,” kata Mikhail Yurevich, gubernur wilayah Chelyabinsk.

Peristiwa semacam ini pernah terjadi di Rusia pada tahun 1908, dan menyebabkan hutan seluas 820 mil persegi di Tunguska, Rusia, rata dengan tanah. Penasaran? Simak video berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda