Scroll to Top

Bersin Bisa Jadi Penyebab Kecelakaan

By Ilham Choirul / Published on Friday, 15 Feb 2013

bersin

Bersin tidak bisa dianggap remeh dalam persoalan keamanan berkendara. Sebab, refleks tubuh otomatis untuk membuang benda asing yang melewati hidung ini bisa menjadi cumber bencana kalau dilakukan sambil mengendari mobil atau motor. Di Inggris, bersin memberikan kontribusi terhadap penyebab terjadinya ribuan  kecelakaan.  Sekitar 2.500 kasus kecelakaan yang terjadi di negara tersebut, dipicu dari aktivitas bersin saat menyetir.

Seperti dikutip Antara, orang yang bersin memiliki kondisi tertentu yang membuatnya memiliki risiko tinggi mengalami kecelakaan. Kala bersin, orang akan memejamkan mata untuk beberapa detik. Situasi ini membuatnya sejenak tidak mampu untuk mengendalikan kendaraan. Dia pun tidak bisa memperhatikan keadaan sekitar untuk sesaat.

Untuk sekali bersin sambil menyetir, kendaraan kemungkinan masih berjalan hingga menempuh rata-rata 15 meter. Studi dari Halfords Autocenter ini mencatat, kondisi pengemudi juga dalam  kewaspadaan yang kurang. Akibatnya, bila keadaan berada pada risiko kecelakaan yang tinggi, peristiwa nahas sangat mungkin terjadi di luar kendali. Kefatalan tabrakan menjadi tidak terelakkan.

Oleh karena itu, bagi pengendara yang sedang mengalami pilek, disarankan untuk mengambil jarak lebih lebar dengan kendaraan di depanya. Minimal usahakan sejauh empat kendaraan yang berderet lurus. Mungkin Anda menjadi lebih lama sampai di tujuan dengan kecepatan yang tidak seperti biasanya. Tapi, saat pilek atau flu Anda sedang parah, cara tersebut bisa mengurangi risiko kecelakaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda