Scroll to Top

PS 4 Dilengkapi Touchpad dan Voice Control Mirip Siri?

By Ditya / Published on Saturday, 16 Feb 2013

PS 4 kontroler

Kemarin sempat muncul berita bahwa kontroler konsol PlayStation 4 atau PS 4 besutan Sony dilengkapi touchscreen, tapi ternyata hal tersebut bukanlah touchscreen, melainkan sebuah touchpad. Tak hanya itu, konsol game yang paling ditunggu-tunggu ini kabarnya dibekali dengan voice control mirip Apple Siri.

Sekilas, desain kontroler baru konsol PS 4 ini tak jauh dari kontroler DualShock yang diperkenalkan Sony di era1990an dan tak banyak berubah hingga saat ini. Bahkan, kontroler milik PS 2 dan PS 3 ini masih sangat mirip dengan kontroler PS generasi pertama.

Bocoran foto kontroler PS 4 ini juga tak jauh beda dengan desain DualShock yang ada saat ini, hanya saja hilangnya beberapa tombol seperti Start, Select, Share, dan hadir input baru yakni touchpad. Beberapa pihak ada yang berpendapat bahwa itu bukanlah touchpad, melainkan touchscreen.

Sampai saat ini memang belum ada konfirmasi dari Sony mengenai kontroler baru konsol PS 4 ini menggunakan touchpad atau touchscreen. Foto bocoran kontroler PS 4 sendiri masih merupakan prototipe, desain final kontroler ini masih bisa berubah.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari CNET (15/02/2013), konsol PS 4 ini juga dilengkapi dengan kemampuan voice control mirip dengan Apple Siri. Jelas, kehadiran fitur voice control ini adalah lompatan besar dalam industri game konsol.

Hal ini diperkuat dengan hadirnya speaker onboard dan mikrophone yang terdapat di kontroler PS 4 tersebut, hal yang sama telah diterapkan Nintendo pada kontroler Wiimote.

Kehadiran beberapa lompatan baru seperti kehadiran touchpad atau touchscreen dan kemampuan voice control pada konsol PS 4 ini sejalan dengan pernyataan Sony yang akan mengembangkan gaya atau style bermain pada konsol terbaru mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda