Scroll to Top

Mesin Pencari Facebook Tak Akan Menyasar Pengguna Remaja

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 16 Feb 2013

Facebook Anak

Facebook berupaya meyakinkan penggunanya jika mesin pencari terbarunya Graph Search tidak akan menyasar ke pengguna remaja. Pengguna yang dimaksud adalah mereka yang berusia 13-17 tahun.

Memang Graph Search belum resmi diluncurkan secara final. Penggunaannya hanya menyasar pada pengguna-pengguna tertentu yang ‘beruntung’. Namun kekhawatiran itu ada jika mesin pencari digunakan untuk hal yang tidak semestinya.

Misalkan saja ada pengguna nakal yang iseng mencari ‘wanita single di London?’. Bilamana yang muncul di hasil penelusuran wanita jomblo sesuai dengan kategori di atas, berabe bukan? Jika ia memang pengguna iseng tak jadi masalah. Jika ia pengguna ‘bermasalah’?

Facebook mengatakan jika mereka telah mengambil langkah-langkah tertentu untuk memastikan jika remaja tak berpotensi terkena imbas pencarian sosial ini. Mereka menyebutnya dengan istilah disesuaikan dengan ‘kebutuhan unik’.

“Sesuai dengan keseluruhan produk kami, kami merancang Graph Search untuk memerhitungkan ‘kebutuhan unik’ remaja di Facebook,” tulis Facebook di note Facebook Security.

Secara eksplisit Facebook ingin mengatakan jika remaja tidak diperkenankan membuat profil yang ‘terbuka’. Profil mereka maksimal hanya bisa ‘terlihat’ oleh temannya teman (friends of firends). Mungkin langkah ini ditujukan agar profil remaja tidak terendus Graph Search.

“Di Facebook banyak remaja cenderung lakukan hal yang demikian (profil publik). Maksimal hanya friends of friends,” lanjut Facebook.

Graph Search hadir menantang secara tidak langsung kedigdayaan mesin pencari Google. Banyak pihak yang menilai jika mesin pencari sosial ini hanya menyasar pada pendapatan Facebook saja – iklan yang disesuaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda