Scroll to Top

Steam Client Resmi Dirilis untuk Linux

By Ditya / Published on Saturday, 16 Feb 2013

Steam Linux

Setelah sekian lama Steam untuk Linux mengusung embel-embel beta, kini Valve telah resmi merilis Steam client versi final untuk sistem operasi open source Linux. Pengguna kini dapat langsung mengunduh Steam client secara gratis di Ubuntu Software Center untuk pengguna distro Ubuntu Linux.

Steam sendiri adalah sebuah platform gaming online atau distribusi online besutan Valve yang dijalankan secara streaming menggunakan server milik Steam. Steam sendiri sebelumnya telah tersedia di sistem operasi lain seperti Windows. Sedangkan Valve adalah pengembang game yang populer dengan game Left 4 Dead.

Dalam rangka pesta rilis Steam client untuk Linux, Valve menghadirkan sekitar 50 judul game denga diskon antara 50 hingga 75 persen. Promo penjualan dan diskon ini akan berlangsung hingga 21 Februari 2013 mendatang.

Tak hanya game saja, Steam client untuk sistem operasi Linux ini juga menghadirkan Big Picture, yakni sebuah mode Steam yang didesain untuk memanfaatkan TV dan game kontroler untuk bermain game. Valve berharap Steam dan Big Picture untuk Linux ini akan menjadi sebuah dorongan platform game di Linux.

“Kami berharap semakin banyak developer game untuk menyertakan Ubuntu di antara platform target mereka. Kami sudah tak sabar untuk melihat game AAA yang dikembangkan dengan Ubuntu dan menjadi bagian rilis multi-platform di Steam,” kata David Pitkin, Direktur Aplikasi Konsumen di Canonical.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (15/02/2013), kehadiran Steam client di Linux ini diharapkan akan mendorong sistem operasi Linux keluar dari anggapan bahwa sistem operasi Linux adalah sistem operasi kelas dua di pasar desktop.

Selama ini, hampir sebagian besar game dan aplikasi komersial tidak tersedia di Linux. Sistem operasi open-source besutan Linus Torvalds dan komunitas open source ini diharapkan dapat bersaing dengan Windows dan Mac OSX di pasar desktop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda