Scroll to Top

Google Kini Tersedia Dalam Bahasa Bali

By Ditya / Published on Saturday, 16 Feb 2013
Google Basa Bali
Google Basa Bali

Setelah menambah bahasa Jawa, kini raksasa mesin pencari Google menambah dukungan bahasa Bali. Sehingga, situs google.co.id saat ini menyediakan pilihan bahasa Indonesia, Inggris, Jawa, dan Bali.

Meski telah didukung oleh mesin pencari Google, bahasa Bali saat ini belum didukung oleh Google Translate. Meski demikian, pilihan pencarian dalam bahasa Bali telah tersedia di halaman mesin pencari Google Indonesia, yakni google.co.id.

“Ini adalah kemajuan luar biasa bagi masyarakat Bali sebagai bagian dari alam semesta bahasa dan kami berharap akan membantu mengembangkan bahasa Bali, khususnya di kalangan anak muda masa kini yang suka menggunakan internet dan teknologi informasi lainnya,” kata Windhu Sancaya, kepala ahli bahasa untuk BASAbali.org.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Kompas (15/02/2013), proses penerjemahan ke bahasa Bali dilakukan pada bulan Maret 2012 lalu. Raksasa mesin pencari ini menggandeng Yayasan Dwijendra dan BASAbali.org dalam proses penerjemaah. Tak hanya itu, raksasa Google juga juga menggandeng sekitar 45 mahasiswa dan ahli bahasa dari Universitas Udayana dan Balai Bahasa untuk membantu proses penerjemahan.

Bos Google Indonesia, Rudy Ramawy juga mengungkapkan sambutan positif atas hadirnya mesin pencari Google dalam bahasa daerah dalam rangka melestarikan bahasa daerah di Tanah Air.

“Kami sangat berterima kasih kepada Basa Bali untuk dedikasi mereka dalam membantu kami menerjemahkan antarmuka pencarian halaman depan Google. Sebagai bahasa daerah yang digunakan oleh 4 juta orang, kami berharap bahasa Bali di Google akan memudahkan lebih banyak lagi pengguna internet menemukan informasi yang mereka butuhkan,” kata Rudy Ramawy, Head of Country Google Indonesia.

Hadirnya mesin pencari dalam bahasa daerah seperti bahasa Bali dan bahasa Jawa ini diharapkan dapat menjadi suatu upaya untuk melestarikan bahasa daerah yang dinilai mulai tergerus oleh arus globalisasi. dan kedepan, diharapkan Google akan hadir dalam bahasa daerah lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda