Scroll to Top

Nvidia GeForce Titan: Bocoran Spesifikasi Detail

By Ditya / Published on Saturday, 16 Feb 2013

GeForce_GTX_690

Nvidia dikabarkan akan segera merilis GeForce Titan atau GeForce 700, beberapa sumber menyebutkan bahwa kartu grafis terbaru besutan kubu ‘hijau’ ini akan meluncur 18 Februari 2013. Tak hanya itu, spesifikasi GeForce Titan juga kabarnya telah bocor di internet.

Kartu grafis sendiri adalah komponen yang terdapat pada sistem komputer yang bertugas untuk menangani pengolahan grafis dan tugas lain yang berkaitan dengan grafis, seperti bermain game, desain grafis, dan berbagai keperluan lain. karu grafis saat ini juga mampu mendukung pararel computing.

Chip GeForce terbaru yang mengusung seri GK110 dengan nama sandi Titan ini diharapkan mampu menghadirkan peningkatan kinerja kartu grafis yang sginifikan dibanding generasi sebelumnya, yakni GeForce Kepler atau GeForce seri 600.

Seri tertinggi dari kartu grafis GeForce Titan yang kemungkinan akan menyandang nama GeForce GTX 780 ini kabarnya akan dibekali 2.688 stream prosesor atau CUDA core yang dipadukan dengan 48 ROPs, 224 TMUs, dan 14 dari core tersebut adalah unit SMX.

GeForce Titan

Tak hanya itu, GeForce Titan ini akan berlari dengan kecepatan maksimal hingga 1.019MHz dengan kecepatan dasar mencapai 875MHz dan menawarkan kinerja yang setara dengan GeForce GTX 690 atau 60 persen lebih cepat dibanding GeForce GTX 680.

Kartu grafis andalan Nvidia ini akan dibekali dengan memori VRAM sebesar 6GB GDDR5 dengan lebar antarmuka memori mencapai 384-bit dan berlari dengan kecepatan 6GHz. Kekuatan komputasi GeForce Titan ini dikabarkan menacapai 4,5 TFLOPS.

GeForce Titan yang merupakan kartu grafis kelas konsumer ini kabarnya akan dibuat berdasarkan chip Nvidia Tesla K20X yang digunakan pada superkomputer yang juga bernama Titan.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (15/02/2013), kartu grafis GeForce Titan disiapkan Nvidia untuk menghadang pesaingnya, AMD Radeon HD 8000. Namun, AMD tampaknya mengundur rilis kartu grafis terbarunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda